Larangan Impor Ikan Monopterus albus (belut)

Monopterus albus atau dikenal dengan sebutan belut memiliki bentuk tubuh silindir, ekor dekompresi dan meruncing ke bagian ujungnya, tidak memiliki sisik, moncong yang bulat, memiliki rahang dan langit-langit dengan deretan gigi viliform. Bibir bagian atas yang tebal daripada bibir bagian bawah dengan mata yang berukuran kecil. Seluruh permukaan tubuh ditutupi oleh lendir. Warna tubuh coklat pada bagian punggung dan memudar di bagian bawah perut. Monopterus albus dapat tumbuh hingga mencapai panjang 40 cm.
Ikan jenis Monopterus albus termasuk jenis ikan yang tidak boleh diimpor dari luar negeri. Menurut Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor PER.17/MEN/2009 tentang Larangan Pemasukan Beberapa Jenis Ikan Berbahaya dari Luar Negeri ke Dalam Wilayah Negara Republik Indonesia, dan dari Global Invasive Species Database,ISSG (The Invasive Species Specialist Group).

Nama Ilmiah : Monopterus albus
Nama Umum : rice eel, swamp eel, white ricefield eel.

Baca Juga : Larangan Impor Ikan Micropterus salmoides

Taksonomi Monopterus albus
Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Actinopterygii
Ordo : Synbranchiformes
Famili : Synbranchidae
Genus : Monopterus

Habitat/Ekologi Monopterus albus
Monopterus albus hidup di kolam berlumpur, rawa, kanal dan sawah dengan membenamkan diri dalam lubang lumpur dan mampu bertahan dalam waktu yang lama tanpa air.

Penyebaran Daerah Asli  Monopterus albus
Afrika, Australia, Brunei Darussalam, Kamboja, Amerika Tengah, Cina, Hong Kong, India, Indonesia, Jepang, Laos, Malaysia, Myanmar, Pilipina, Singapore, Amerika Selatan, Taiwan, Thailand, Vietnam.

Penyebaran Daerah Asing Monopterus albus
Amerika Serikat

Baca Juga : Larangan Impor Ikan Misgurnus anguillicaudatus

Dampak Monopterus albus
Monopterus albus berpengaruh terhadap ketersediaan sumber makanan bagi ikan yang lebih besar, berbagai jenis amphibi dan lain-lain. Monopterus albus juga memakan udang-udang kecil, kecebong, ikan kecil dan cacing. Selain itu, mereka juga bisa memangsa ikan dan organisme lain yang ukurannya lebih besar daripada tubuhnya.

Baca Juga: Belajar Ekspor dan Impor Ikan Olahan atau Ikan Hidup

Sepandai - pandainya tupai melompat sesekali jatuh juga, Sepandai - pandainya seseorang sekali waktu ada salahnya pula
Semoga Bermanfaat


reff : http://www.alamikan.com/2014/12/larangan-impor-ikan-monopterus-albus.html


Related video : Larangan Impor Ikan Monopterus albus (belut)


Previous
Next Post »