Larangan Impor Ikan Pterois volitans

Jenis Ikan Pterois volitans adalah ikan tropis yang memiliki bentuk dan warna yang indah. Ikan ini merupakan ikan hias yang sangat indah tetapi sangat berbahaya. Ikan jenis ini memiliki bisa/racun yang terletak pada duri sirip punggung dan sirip anal. Warna dasar ikan ini adalah hitam dengan membran sirip dan garis vertikal berwarna coklat kemerahan.

Ikan jenis Pterois volitans termasuk jenis ikan yang tidak boleh diimpor dari luar negeri. Menurut Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor PER.17/MEN/2009 tentang Larangan Pemasukan Beberapa Jenis Ikan Berbahaya dari Luar Negeri ke Dalam Wilayah Negara Republik Indonesia, dan dari Global Invasive Species Database,ISSG (The Invasive Species Specialist Group).

Nama Ilmiah : Pterois volitans
Nama Umum : firefish, lionfish, lionfish scorpion, ornate butterfly-cod, red, firefish, red lionfish, scorpion fish, turkeyfish, volitan lion, zebrafish.

Baca Juga : Larangan Impor Ikan Lele Jenis Pylodictis olivaris

Taksonomi Pterois volitans
Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Actinopterygii
Ordo : Scorpaeniformes
Famili : Scorpaenidae
Genus : Pterois

Habitat/Ekologi  Pterois volitans
Pterois volitans adalah ikan laut tropis yang bisanya hidup di perairan dengan suhu diantara 22 °C - 28 °C. Mereka bisa hidup pada kedalaman 10 meter sampai dengan 175 meter dan lebih menyukai daerah terumbu karang dan daerah berbatu. Selain itu mereka juga bisa ditemukan di perairan dengan substrat pecahan karang, substrat berpasir, daerah hutan mangrove, padang lamun dan bahkan di muara sungai.

Penyebaran Daerah Asli Pterois volitans
Australia, Cina, Pulau Christmas (Samudera Hindia), Cocos, Pulau Cook, Fiji, Polinesia Prancis, Guam, Hong Kong, India, Indonesia, Jepang, Korea, Malaysia, Maladewa, Kepulauan Marshall, Mauritius, Mikronesia, Mozambik, New Caledonia, Selandia Baru, Pulau Norfolk, Kepulauan Mariana Utara, Palau, Papua Nugini, Philipina, Pitcairn, Samoa, Sri Lanka, Taiwan, Vanuatu, Vietnam.

Penyebaran Daerah Asing Pterois volitans
Samudera Atlantik, Bahamas, Barbados, Belize, Bermuda, Cayman Islands, Kolumbia, Kosta Rika, Kuba, Republik Dominika, Honduras, Jamaica, Meksiko, Antillen Belanda, Nikaragua, Panama, Puerto Rico, Republik Haiti, Kepulauan Turks dan Caicos, Amerika Serikat, Venezuela, Virgin Islands.

Baca Juga : Larangan Impor Ikan Pterygoplichthys spp 

Dampak Pterois volitans
Dampak yang dapat ditimbulkan dari ikan jenis ini adalah penurunan populasi suatu spesies ikan dengan cara predasi sehingga menurunkan keanekaragaman hayati pada suatu habitat dan bahkan menyebabkan kepunahan suatu spesies. Dampak pada kesehatan manusia adalah racun yang terdapat pada duri menimbulkan efek pada kardiovaskuler, neuromuskular, dan cytolytic dengan berbagai reaksi seperti pembengkakan dengan rasa sakit yang hebat dan bahkan kelumpuhan. Toksin dalam lionfish mengandung racun acetylcholine dan neurotoksin yang mempengaruhi transmisi neuromuskular.

Baca Juga: Belajar Ekspor dan Impor Ikan Olahan atau Ikan Hidup

Sepandai - pandainya tupai melompat sesekali jatuh juga, Sepandai - pandainya seseorang sekali waktu ada salahnya pula
Semoga Bermanfaat


reff : http://www.alamikan.com/2014/12/larangan-impor-ikan-pterois-volitans.html


Related video : Larangan Impor Ikan Pterois volitans


Previous
Next Post »