Alat Tangkap Bubu Udang (Shrimp Traps)

Definisi dan Klasifikasi Bubu Udang (Shrimp Traps)
Bubu udang adalah alat penangkap ikan yang didesain untuk menangkap udang penaeid, dan kepiting atau rajungan, berbentuk silinder dengan diameter lingkaran atas lebih kecil daripada diameter lingkaran bawah dan dioperasikan di dasar perairan. Bubu udang diklasifikasikan ke dalam kelompok perangkap dan penghadang (Alam Ikan 3).

Konstruksi Alat Penangkap Ikan Bubu Udang (Shrimp Traps)
Menurut (Alam Ikan 3), bagian-bagian bubu udang yaitu sebagai berikut.
  1. Rangka (frame) yang terbuat dari lempengan besi. Rangka berfungsi untuk mempertahankan bentuk bubu selama pengoperasian;
  2. Badan (body), seperti rongga (berbentuk silinder) yang terbuat dari anyaman jaring, berfungsi sebagai tempat target tangkapan terkurung; dan
  3. Mulut, sdengan tipe mulut persegi panjang, merupakan lubang tempat masuknya ikan ke dalam bubu.
  4. Untuk memudahkan mengetahui tempat-tempat di mana bubu udang dipasang, maka dilengkapi dengan pelampung melalui tali panjang yang dihubungkan dengan bubu tersebut. Ukuran bubu udang pada gambar termasuk bubu kecil dengan diameter atas=15 cm, diameter bawah=20 cm serta tinggi bubu= 18 cm.
Parameter utama dari bubu udang adalah ukuran dan bentuk mulut bubu udang.


Kelengkapan dalam Unit Penangkapan Ikan Bubu Udang (Shrimp Traps)
Kapal : Kapal kecil atau perahu hanya digunakan sebagai alat transportasi nelayan

Nelayan : Untuk mengoperasikan bubu udang dibutuhkan 1-2 orang nelayan yang bertugas untuk memasang dan mengangkat bubu, serta mengambil hasil tangkapan dari dalam bubu udang.

Alat Bantu : Alat bantu pada pengoperasian bubu udang yaitu mechanical line hauler, berfungsi untuk membantu menurunkan bubu udang ke dasar perairan tempat bubu akan dioperasikan (Alam Ikan 2 diacu dalam (Alam Ikan 4).

Umpan : Bubu udang bersifat pasif sehingga dibutuhkan pemikat atau umpan agar ikan yang akan dijadikan target tangkapan mau masuk ke dalam bubu udang. Jenis umpan yang dipakai sangat beraneka ragam, ada yang memakai umpan hidup atau ikan rucah (Alam Ikan 1).

Metode Pengoperasian Alat Bubu Udang (Shrimp Traps)
Adapun tahapan dalam pengoperasian bubu udang ada empat tahap, yaitu sebagai berikut (Alam Ikan 2 diacu dalam (Alam Ikan 4).
  1. Pemasangan umpan. Posisi umpan harus didesain sedemikian rupa sehingga mampu menarik perhatian ikan baik dari bau maupun bentuknya. Biasanya umpan dipasang di dalam tempat umpan dan diletakkan di atas mulut bubu udang bagian atas.
  2. Pemasangan bubu (setting). Bubu yang telah siap diturunkan ke perairan baik dengan tangan maupun alat bantu mechanical line hauler. Sebagai penanda posisi pemasangan bubu udang dilengkapi dengan pelampung. Hal ini akan memudahkan nelayan menemukan kembali bubunya.
  3. Perendaman bubu (soaking). Lama perendaman bubu udang adalah 2-3 hari.
  4. Pengangkatan bubu (hauling). Proses hauling pada bubu dapat dilakukan dengan alat bantu. Penggunaan alat bantu akan mempercepat dan mengefisienkan tenaga nelayan selama proses hauling. Setelah bubu sampai di atas kapal, ikan dikeluarkan dan dilakukan penanganan.
Daerah Pengoperasian Bubu Udang (Shrimp Traps)
Daerah pengoperasian bubu udang biasanya di perairan karang atau di antara karang-karang atau bebatuan (Alam Ikan 3).

Hasil Tangkapan Bubu Udang (Shrimp Traps)
Hasil tangkapan bubu udang adalah udang penaeid, kepiting (Scylla serrata) dan rajungan (Portunus spp.) (Alam Ikan 3)

Berikut macam - macam Alat penangkap ikan jenis perangkap:
  1. Alat Penangkap Bubu Udang (Shrimp Traps)
  2. Alat Penangkap Bubu Belut 
  3. Alat Penangkap Bubu Gurita
  4. Perangkap dan Penghadang Bubu lipat (Trap and Guideing Barriers)
  5. Perangkap dan Penghadang Pakaja (Trap and Guiding Barriers) 
  6. Alat Tangkap Krendet Menggunakan Jaring Insang

Explanation :
  • Alam Ikan 1 : Martasuganda S. 2003. Bubu (Traps). Bogor: Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor.
  • Alam Ikan 2 : Sainsbury J C. 1996. Commercial Fishing Methods. An Introduction to Vessel and Gears. 3ed Edition. London: Fishing News Book.
  • Alam Ikan 3 : Subani W dan HR Barus. 1989. Alat Penangkapan Ikan dan Udang Laut di Indonesia. Jurnal Penelitian Perikanan Laut. No. 50. Jakarta: Balai Penelitian Perikanan Laut Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Departemen Pertanian.
  • Alam Ikan 4 : Susilo E. 2006. Percobaan Pengoperasian Bubu pada Zona Fotik dan Afotik di Teluk Palabuhanratu. [Skripsi] . Bogor: Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor.
Sepandai - pandainya tupai melompat sesekali jatuh juga, Sepandai - pandainya seseorang sekali waktu ada salahnya pula. 
Semoga Bermanfaat


reff : http://www.alamikan.com/2012/11/alat-penangkap-bubu-udang-shrimp-traps.html


Related video : Alat Tangkap Bubu Udang (Shrimp Traps)


Previous
Next Post »