Siklus Ikan Anadromus, Anadromus dan Amphidromus


Perikanan merupakan usaha perikanan yang dilakukan melalui penangkapan atau budidaya ikan. Perikanan adalah usaha manusia dalam memanfaatkan sumberdaya ikan.

Laut adalah Kawasan yang selalu terendam air laut pada saat pasang maupun surut.

Pesisir adalah Daerah pertemuan antara darat dan laut, ke arah darat wilayah pesisir meliputi bagian daratan, baik kering maupun terendam air, yang masih dipengaruhi oleh proses alami yang terjadi di darat seperti penggundulan hutan dan pencemaran.

Ikan adalah segala jenis organisme yang seluruh atau sebagian dari siklus hidupnya berada di dalam lingkungan perairan
  1. Pelagic :  laut yang memiliki kedalaman sekitar 200 m dari permukaan air laut
  2. Mesopelagic : Laut yang memiliki kedalaman sekitar 500-700 m dari permukaan air laut
  3. Landas kontinen: Laut yang memiliki kedalaman hingga dasar laut ( under the sea )
Baca Juga : Teknik Pengolahan Ikan Masyarakat pesisir

Katadromus adalah ikan yang mempunyai sifat hidupnya di perairan tawar tetapi memijahnya menuju ke laut.
Contoh :  sidat (Anguillidae)

Anadromus adalah kebalikan dari katadromus Ikan yang hidupnya di perairan laut tetapi memijahnya di perairan tawar.
Contoh : Ikan Salmon, ikan bandeng dan ikan salem
Amphidromus adalah tumbuh, besar, dan memijah di air tawar, kemudian setelah menetas, larva-nya secara pasif hanyut terbawa aliran sungai langsung menuju laut. Setelah berusia beberapa minggu atau bahkan bulan, anak-anak ikan amphidromus ini akan kembali lagi ke air tawar (migrasi) dalam fase post-larva/juvenil. Siklus hidup amphidromus dimiliki oleh beberapa spesies ikan, crustacea, dan gastropoda. Pada ikan, kategori diadromus ini terdapat pada beberapa spesies ikan gobi (Gobiidae) yang berasal dari genus Akihito, Cotylopus, Lentipes, Parasicydium, Sicydium, Sicyopterus, Sicyopus, Smilosicyopus, Stiphodon (Sicydiinae), Rhinogobius, dan Awaous.

Ikan Pelagis adalah ikan-ikan yang hidupnya banyak dipermukaan perairan laut. Ikan Pelagis dibagi menjadi dua ikan pelagis kecil dan ikan pelagis besar
Contoh Ikan layang, cakalang, tuna sirip kuning, Ikan kembung.

Ikan Demersal adalah Ikan-ikan yang hidupnya banyak di dasar perairan laut.
Contoh : udang, Ikan Pari, Kepiting

Baca Juga : Macam - Macam Energi kelautan


Usaha Kelautan, Pesisir dan Pulau - Pulau Kecil lainnya
Usaha Kelautan, Pesisir dan Pulau-pulau Kecil Lainnya adalah usaha yang dilakukan oleh penduduk di sektor kelautan, pesisir dan pulau-pulau kecil yang belum tercakup dalam kegiatan usaha di atas. Berikut usaha Perikanan yang terjadi di daerah pesisir :
SPDN/SPBN (Solar Packed Dealer untuk Nelayan/Stasiun Pengisian Bahan Bakar untuk Nelayan) adalah tempat/stasiun pengisian bahan bakar minyak (BBM) solar yang diperuntukkan bagi masyarakat pesisir/nelayan dengan harga yang sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah.

Kedai Pesisir adalah unit usaha yang bertujuan untuk melayani kebutuhan bahan pokok dan kebutuhan usaha bagi masyarakat pesisir berbentuk ?outlet? dengan sistem swalayan. Kedai pesisir ini breperan sebagai supplier bagi warung-warung sejenis di sekitarnya dan diharapkan dapat menekan harga sampai pada tingkat harga yang sama di Kabupaten/Kota.

Sarana Komunikasi dengan Tenaga Surya merupakan sarana telepon umum yang memanfaatkan satelit dengan memanfaatkan energi surya sebagai sumber tenaga. 

Sarana Air Bersih adalah pengadaan air bersih dengan memanfaatkan mata air atau pembuatan sumur tradisional, selanjutnya didistribusikan kemasyarakat dengan menggunakan pompa air melalui bak penampung.

Jetty adalah dermaga yang letaknya tidak tepat ditepi daratan namun menjorok ke laut sehingga dihubungkan dengan sejenis jembatan (trestle).

Baca Juga : Tujuan dan Jenis Pasteurisasi

Listrik Tenaga Surya (LTS) adalah sarana pembangkit listrik yang memanfaatkan energi surya.
LKM berbasis Lembaga Ekonomi Pengembangan Pesisir Mikro Mitra Mina (LEPP-M3) adalah lembaga keuangan mikro yang dimiliki masyarakat pesisir yang bergerak di bidang jasa keuangan dengan sasaran usaha-usaha kecil masyarakat pesisir. LEPP-M3 dikelola secara mandiri, tidak bekerjasama dengan bank.

Lembaga Keuangan Mikro (LKM) adalah lembaga yang mengelola jasa keuangan untuk mendorong perekonomian usaha mikro dalam bentuk permodalan dengan sasaran usaha mikro masyarakat luas.

LKM Swamitra Mina merupakan salah satu unit usaha milik koperasi yang bergerak di bidang pelayanan permodalan bagi masyarakat pesisir terutama untuk segmen usaha mikro. LKM Swamitra Mina pengelolaannya bekerjasama dengan bank

Sepandai - pandainya tupai melompat sesekali jatuh juga, Sepandai - pandainya seseorang sekali waktu ada salahnya pula. 
Semoga Bermanfaat


reff : http://www.alamikan.com/2012/10/perikanan.html


Related video : Siklus Ikan Anadromus, Anadromus dan Amphidromus


Previous
Next Post »