Larangan Impor Ikan Morone Americana

Morone americana bisa tumbuh hingga mencapai ukuran panjang 127 - 178 mm dan dapat mencapai berat badan rata-rata 250 gram dan maksimal 650 gram. Warna ikan ini bervariasi mulai dari hijau gelap keabu-abuan, perak gelap, dan coklat tua sampai hitam pada bagian punggung. Pada bagian sisi biasanya hijau zaitun atau perak pucat dan pada bagian perut biasanya berwarna putih keperakan.

Ikan jenis Morone americana termasuk jenis ikan yang tidak boleh diekspor dari luar negeri. Menurut Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor PER.17/MEN/2009 tentang Larangan Pemasukan Beberapa Jenis Ikan Berbahaya dari Luar Negeri ke Dalam Wilayah Negara Republik Indonesia, dan dari Global Invasive Species Database,ISSG (The Invasive Species Specialist Group).

Nama Ilmiah : Morone americana
Nama Umum : silver perch, white perch, wreckfish.

Baca Juga : Larangan Impor Ikan Misgurnus anguillicaudatus

Taksonomi Morone americana
Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Osteichthyes
Ordo : Perciformes
Famili : Moronidae
Genus : Morone

Habitat/Ekologi Morone americana
Ikan jenis ini hidup di daerah estuarine dan bisa ditemukan juga di perairan laut dan bahkan di perairan tawar. Ikan ini bermigrasi dari daerah asin (laut, pesisir atau muara sungai) menuju sungai atau daerah perairan tawar lainnya.

Penyebaran Daerah Asli Morone americana
Amerika Serikat

Penyebaran Daerah Asing Morone americana
Amerika Utara

Baca Juga : Larangan Impor Ikan Monopterus albus

Dampak Morone americana
Morone americana bersaing dengan spesies ikan asli dalam hal makanan, dan ikan ini juga memakan telur ikan walleye (Stizostedion vitreum), white bass (Morone chrysops) dan ikan lainnya, sehingga mengakibatkan penurunan populasi dari jenis-jenis ikan tersebut. Ikan Morone americana ini juga mampu berhibridasi dengan jenis ikan Morone chrysops yang merupakan ikan endemik di Danau Erie.

Baca Juga: Belajar Ekspor dan Impor Ikan Olahan atau Ikan Hidup

Sepandai - pandainya tupai melompat sesekali jatuh juga, Sepandai - pandainya seseorang sekali waktu ada salahnya pula
Semoga Bermanfaat


reff : http://www.alamikan.com/2014/12/larangan-impor-ikan-morone-americana.html


Related video : Larangan Impor Ikan Morone Americana


Previous
Next Post »