Larangan Impor Ikan Micropterus salmoides

Ikan Micropterus salmoides memiliki mulut yang besar, lekukan antara dua sirip dorsal dan garis hitam di sepanjang sisi tubuh. Memiliki warna yang bervariasi, akan tetapi kebanyakan berwarna hijau darkish di bagian belakang dan samping dan warna tersebut memudar sampai berwarna putih di bagian perut. Ikan jantan biasanya tidak melebihi ukuran panjang 40 cm, sedangkan betina dapat mencapai hingga ukuran panjang 56 cm.
Ikan jenis Micropterus salmoides termasuk jenis ikan yang tidak boleh diimpor dari luar negeri. Menurut Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor PER.17/MEN/2009 tentang Larangan Pemasukan Beberapa Jenis Ikan Berbahaya dari Luar Negeri ke Dalam Wilayah Negara Republik Indonesia, dan dari Global Invasive Species Database,ISSG (The Invasive Species Specialist Group).

Nama Ilmiah : Micropterus salmoides
Nama Umum : black bass, green bass, large-mouth bass, largemouth bass,
largemouth black bass, northern largemouth bass.

Baca Juga : Larangan Impor Ikan Lates niloticus

Taksonomi Micropterus salmoides
Kingdom :Animalia
Filum :Chordata
Kelas :Actinopterygii
Ordo :Perciformes
Famili :Centrarchidae
Genus :Micropterus

Habitat/Ekologi Micropterus salmoides
Largemouth bass hidup di perairan seperti kolam, rawa dan danau yang tenang dengan air yang jernih dengan vegetasi berlimpah. Lebih menyukai perairan dangkal yang biasanya tidak lebih dari 2,5 meter. Largemouth bass adalah ikan yang sangat mudah beradaptasi, mampu berkembang di hampir setiap habitat air hangat, dari sungai kecil ke sungai besar sampai waduk besar.

Penyebaran Daerah Asli Micropterus salmoides
Kanada, Meksiko, Amerika Serikat (AS)

Penyebaran Daerah Asing Micropterus salmoides
Aljazair, Argentina, Samudra Atlantik, Austria,Belarus, Belgia, Bolivia, Botswana, Brazil, Kamerun, Kanada, Cina, Kolumbia, Republik Kongo, Kosta Rika, Kuba, Siprus, Republik Ceko, Denmark, Republik Dominika, Ekuador, Mesir, El Salvador, Estonia, Eropa, Fiji, Finlandia, Perancis, Polinesia Prancis, Jerman, Guatemala, Honduras, Hong Kong, Hongaria, Iran, Italia, Jepang, Kenya, Korea, Latvia, Lesotho, Lithuania, Madagaskar, Malawi, Malaysia, Mauritius, Meksiko, Mozambik, Namibia, Belanda, Nigeria, Samudra Pasifik, Panama, Pilipina, Polandia, Portugal, Puerto Rico, Federasi Rusia, Slovakia, Afrika Selatan, Spanyol, Swaziland, Swedia, Swiss, Taiwan, Tanzania, Tunisia, Uganda, Ukraine, Amerika Serikat (AS), Virgin Islands USA, Zambia, Zimbabwe.

Baca Juga : Larangan Impor Ikan Lutjanus kasmira

Dampak Micropterus salmoides
Introduksi dari Micropterus salmoides mempengaruhi populasi ikan asli yang berukuran kecil melalui predasi, kadang-kadang menyebabkan penurunan atau kepunahan spesies asli tersebut. Penelitian telah menunjukkan bahwa largemouth bass mampu menggusur spesies asli. Spesies ini merupakan ikan predator seperti ikan northern pike.

Baca Juga: Belajar Ekspor dan Impor Ikan Olahan atau Ikan Hidup

Sepandai - pandainya tupai melompat sesekali jatuh juga, Sepandai - pandainya seseorang sekali waktu ada salahnya pula
Semoga Bermanfaat


reff : http://www.alamikan.com/2014/12/larangan-impor-ikan-micropterus.html


Related video : Larangan Impor Ikan Micropterus salmoides


Previous
Next Post »