Mengetahui Tentang Pelecypoda (Bivalve)

Pengertian Pelecypoda
Pelecypoda ( Bivalve) adalah berbagai jenis kerang, remis dan kijing. Kebanyakkan hidup di laut terutama di daerah litoral, beberapa di daerah pasang surut dan air tawar. Beberapa jenis yang hidup di laut hidup pada kedalaman sampai 5000 m. Umumnya terdapat di dasar perairan yang berlumpur atau berpasir, beberapa hidup pada subtrat yang lebih keras seperti lempung, kayu, atau batu (Alam Ikan 1).  
Baca Juga : Gastropoda

Kebanyakan Pelecypoda  adalah filter feeder dan memakan fitoplankton, terutama fitoplankton dalam butiran-butiran kecil lain. Pada sub kelas Septibranchia, dimana insang menghilang hidup sebagai karnivora atau scavenger. Sebagai cilliary feeder, radula tidak diperlukan jadi golongan ini tidak memiliki radula, dari mulut  makanan dialirkan ke esofagus, perut dan ke usus. Akhirnya makanan yang tidak dicerna dibuang melalui anus yang bermuara pada lubang air keluar (Alam Ikan 2).

Pelecypoda dikenal juga dengan nama kerang, mempunyai dua kepingan yang dihubungkan oleh engsel elastis yang disebut ligament dan mempunyai satu atau dua buah otot (adductor muscleas) di dalam cangkangnya yang berfungsi untuk membuka dan menutup kedua belahan karang tersebut. Bila otot-otot penutup melemas, secara otomatis katup-katup terbuka karena daya elastisitas jaringan pengikat itu. Umumnya hidup merendam di dalam pasir atau lumpur, seperti misalnya jenis-jenis kerang darah dan kerang bulu. Banyak diantara kerang-kerang yang hidupnya melekat pada suatu benda, umpamanya jenis tiram. Sedangkan jenis Teredo hidup di lubang-lubang yang terendam air laut dan dengan menggerak-gerakkan cangkangnya sedikit demi sedikit. Binatang ini mengebor di dalam kayu-kayu tersebut. Hal ini tentunya sangat merugikan bangunan-bangunan dan kapal-kapal yang terbuat dari kayu (Alam Ikan 3).

Baca Juga : Kepiting (Scylla serrata)

Pelecypoda biasanya memiliki tubuh simetris bilateral, eksoskeleton terdiri dari dua valvae. Kepalanya rudimenter, tanpa tentakel, contoh Anodonta grandis, Mytilus medulis, Venus mercenaria. Keadaan yang berbeda dijumpai pada Neopilina yang baru ditemukan pada tahun 1957 di perairan dalam di pantai barat Mexico. Neopilina (ordo Monoplachopora) memiliki eksoskeleton tungggal dan menunjukkan segmentasi pada rongga badan. Mempunyai nephridia dan insang lima pasang  (Alam Ikan 3).

Explanation :
Alam Ikan 1 : Suwignyo, 1998
Alam Ikan 2 : Sugiarti, 1998
Alam Ikan 3 : Nontji, 1993

Sepandai - pandainya tupai melompat sesekali jatuh juga, Sepandai - pandainya seseorang sekali waktu ada salahnya pula. 
Semoga Bermanfaat


reff : http://www.alamikan.com/2012/11/pelecypoda-bivalve.html


Related video : Mengetahui Tentang Pelecypoda (Bivalve)


Previous
Next Post »