Larangan Impor Ikan Sparus aurata

Jenis Ikan Sparus aurata merupakan ikan mediterania dan Samudera Atlantik yang mencapai panjang maksimal 70 cm dan berat 6 kg. Memiliki 11 duri punggung, 13 - 14 duri halus punggung, 3 duri anal. Tubuh berbentuk lonjong dengan moncong berukuran lebih besar dua kali dari diameter mata. Rahang atas memiliki enam gigi taring dan rahang bawah memiliki empat gigi taring.

Ikan jenis Sparus aurata termasuk jenis ikan yang tidak boleh diimpor dari luar negeri. Menurut Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor PER.17/MEN/2009 tentang Larangan Pemasukan Beberapa Jenis Ikan Berbahaya dari Luar Negeri ke Dalam Wilayah Negara Republik Indonesia, dan dari Global Invasive Species Database,ISSG (The Invasive Species Specialist Group).

Nama Ilmiah : Sparus aurata
Nama Umum : gilthead, gilthead bream, gilthead, silver seabream, snapper, gilthead bream, gilt-head seabream.

Baca Juga : Larangan Impor 2 Jenis Ikan Famili Cichildae

Taksonomi Sparus aurata
Kingdom : Animalia
Filum : Actinopterygii
Kelas : Chordata
Ordo : Perciformes
Famili : Sparidae
Genus : Sparus

Habitat/Ekologi Sparus aurata
Merupakan salah satu ikan yang paling penting dalam industri akuakultur di Medaterania. Gilthead bream adalah spesies laut yang banyak ditemukan di padang lamun dan dasar yang berpasir serta di zona surfing. Ikan ini biasanya menetap dan hidup soliter atau terjadi pada agregasi kecil. Pada musim semi sering berada di laguna air payau dan muara. Selama tahap awal kehidupannya, ikan ini lebih memilih peraiaran payau bersuhu hangat.

Penyebaran Daerah Asli Sparus aurata
Albania, Algeria, Samudera Atlantik, Laut Baltic, Bosnia dan Herzegovina, Bulgaria, Croasia, Denmark, Eropa, Perancis, Gibratar, Inggris. Irlandia, Israel, Italia, Libanon, Libya, Malta, Mauritania, Mediterania, Monaco, Maroko, Amerika Utara, Portugal, Rumania, Russia, Senegal, Serbia, Slovenia, Spanyol, Tunisia, Turki.

Penyebaran Daerah Asing Sparus aurata
Israel, Bahrain, Samudera India, Kuwait, New Zealand, Oman, Samudera Pasifik, Saudi Arabia, Uni Emirat Arab.

Baca Juga : Larangan Impor Ikan Sarotherodon occidentalis

Dampak Sparus aurata
Gilthead bream adalah preadator rakus dan dapat menyebabkan penurunan spesies salmon atlantik, lele, dan ikan mas hitam. Pada budidaya komersial ke daerah-daerah pesisir dan teluk dapat menyebabkan masalah ekologis seperti eutrofikasi yang dapat mengganggu ekosistem lokal. Selain itu, ikan jenis ini juga menimbulkan kekhawatiran di Mediterania apabila lolos ke habitat alami karena dapat mempengaruhi keragaman genetik populasi ikan endemik yang ada di habitat tersebut.

Baca Juga: Belajar Ekspor dan Impor Ikan Olahan atau Ikan Hidup

Sepandai - pandainya tupai melompat sesekali jatuh juga, Sepandai - pandainya seseorang sekali waktu ada salahnya pula
Semoga Bermanfaat


reff : http://www.alamikan.com/2014/12/larangan-impor-ikan-sparus-aurata.html


Related video : Larangan Impor Ikan Sparus aurata


Previous
Next Post »