Inner Ear Ikan

Pengertian Inner Ear Ikan 
Inner Ear Ikan adalah organ pendengaran yang dimiliki ikan. Ikan memiliki telinga sebagai mana yang dimiliki manusia, yakni yang dikenal semisirkuler dan otolith, tetapi tidak memiliki telinga luar dan tengah. Telinga ikan memiliki dua jenis receptor,yakni kanal semisirkuler yang bertanggungjawab mendeteksi perubahan arah dan otolith yang berperan melaporkan arah garafitasi.combinasi informasi dinamis dan statis dari kedua bagian yang berbeda pada telinga dalam, menbuat ikan senangtiasa beraktifitas secara normal pada malam hari selama cahaya kurang (Alam Ikan 1).

1. Kanal Semisirkuler
Telinga dalam terdiri atas tiga kanal semisirkuler (anterior,posterior dan horizontal ) memanjang keluar dari utrikel, dan terisi endolymph. Bagian dasar kanal, membesar seperti ampula dengan sel rambut yang dilindungi kapula. Bagian kapula ini akan bertindak sebagai diafragma untuk mendeteksi cairan yang mengalir pada kanal. Gerakan cairan yang terdapat dalam kanal merangsang sensor sel-sel rambut, yang terdapat pada dasar kanal (Alam Ikan 1).



Baca Juga : Ketajaman Penglihatan Ikan

2. Organ otolith
Otolith merupakan massa kristalindari kalsium mineral. Pada vertebrata bertulang rawan, organ otolith biasanya berupa pasta gabungan kristal halus yang  spesifik.Struktur yang keras inilah yang sebenarnya disebut otolith (Alam Ikan 1).

Otolith merupakan sistem deteksi statis yang terdapat dalam kantong  cairan,yakni siklulus,lagena, dan utrikulus, terletak sejajar dengan rambut- rambut sensor. Karena lebih berat dibanding air, otolith respek terhadap gravitasi. rambut- rambut sensor melaporkan posisi otolith ke otak. Laporan aktifitas listrik dari syaraf pada setiap kantong menunjukkan bahwa otolith berperan sebagai sensor grafitasi, dan respon terhadap perubahan gaya berat (Alam Ikan 1).

Ada lagi yang berhubungan Morfologi Ikan seperti berikut :
  1. Retina Mata Ikan
  2. Sel Fotoreseptor Mata Ikan
  3. Vitreous Humor
  4. Lensa Mata Ikan
  5. Ketajaman Penglihatan Mata Ikan
  6. Jarak pandang maksimum Mata Ikan
  7. Sumbu penglihatan Mata Ikan
  8. Suara Ikan di Perairan
  9. Inner Ear Ikan
  10. Gelembung Renang ikan
  11. Linea Lateralis Ikan
  12. Stress Pada Ikan
  13. Tingkah Laku Ikan Terhadap Suara
    Explanation :
    Alam Ikan 1 : Fujaya, 2004

    Sepandai - pandainya tupai melompat sesekali jatuh juga, Sepandai - pandainya seseorang sekali waktu ada salahnya pula. 
    Semoga Bermanfaat



    reff : http://www.alamikan.com/2012/11/inner-ear-ikan.html


    Related video : Inner Ear Ikan


    Previous
    Next Post »