Vitreous Humor Ikan

Tingkah laku ikan diartikan sebagai perubahan-perubahan ikan dalam kedudukan, tempat, arah, maupun sifat lahiriah suatu makhluk hidup yang mengakibatkan suatu perubahan dalam hubungan antara makhluk tersebut dan lingkungannya yang pada gilirannya juga berpengaruh kembali pada makhluk itu sendiri (Alam Ikan 3). 

Baca Juga : Arus Geostrofik

Tingkah laku ikan sangat dipengaruhi oleh cara ikan beradaptasi dengan lingkungannya. Tingkah laku tersebut diwujudkan dalam bentuk gerakan tubuh  baik dari dalam maupun dari luar tubuh ikan. Salah satu organ yang berperan dalam membentuk tingkah laku ikan terhadap lingkungan adalah mata. Organ mata pada dasarnya mempunyai prinsip kerja yang sama yaitu bekerja dengan  pengaruh cahaya, yang membedakan adalah ada mata yang peka terhadap cahaya terang ada pula mata yang peka terhadap cahaya gelap. Kedua sifat ini berkaitan dengan waktu keaktifan ikan. Ikan yang peka terhadap cahaya terang cenderung aktif bergerak di siang hari dan disebut ikan diurnal , sedangkan ikan yang peka terhadap cahaya gelap disebut ikan nocturnal karena ikan ini aktif bergerak di malam hari (Alam Ikan 2).

Pengertian Vitreorus humor
Menurut (Alam Ikan 1), vitreorus humor atau vitereous body adalah ruangan di belakang lenda yang diisi oleh cairan gel transparan. 

Fungsi Vitreorus humor
Vitreorus humor Berfungsi sebagai pendukung mekanis yang mengelilingi jaringan okuler dan meneruskan cahaya sampai menuju retina,  viterous body adalah ruangan dibelakang lenda yang diisi oleh cairan gel transparan. Berfungsi sebagai pendukung mekanis yang mengelilingi jaringan okuler dan meneruskan cahaya sampai menuju retina.

Vitreous humor terdiri dari 98% air dan 0,1% kaloid serta sisanya adalah ion-ion dan molekul-molekul yang larut dengan berat atom yang ringan. Indeks bias dari vitreous humor hampir sama dengan air kira-kira 1.336. Disamping fungsi mekanisme, cairan berupa gel ini berperan meneruskan cahaya agar sampai menuju retina (Alam Ikan 1)

Ada lagi yang berhubungan Morfologi Ikan seperti berikut :
  1. Retina Mata Ikan
  2. Sel Fotoreseptor Mata Ikan
  3. Vitreous Humor
  4. Lensa Mata Ikan
  5. Ketajaman Penglihatan Mata Ikan
  6. Jarak pandang maksimum Mata Ikan
  7. Sumbu penglihatan Mata Ikan
  8. Suara Ikan di Perairan
  9. Inner Ear Ikan
  10. Gelembung Renang ikan
  11. Linea Lateralis Ikan
  12. Stress Pada Ikan
  13. Tingkah Laku Ikan Terhadap Suara
    Explanation :
    Alam Ikan 1 : Abdul Razak el at. 2005
    Alam Ikan 2 : Fujaya, 2004
    Alam Ikan 3 : Syandri, 1985 dalam  Fitri, 2010

    Sepandai - pandainya tupai melompat sesekali jatuh juga, Sepandai - pandainya seseorang sekali waktu ada salahnya pula. 
    Semoga Bermanfaat



    reff : http://www.alamikan.com/2012/11/vitreous-humor-ikan.html


    Related video : Vitreous Humor Ikan


    Previous
    Next Post »