Larangan Impor Ikan Oreochromis spp.

Oreochromis spp. adalah nama umum yang diterapkan pada tiga genus ikan dalam famili Cichlidae, yaitu Oreochromis, Sarotherodon, dan Tilapia. Jenis ikan dari genus Oreochromis yang berpotensi sebagai jenis asing invasif adalah Oreochromis aureus, Oreochromis mossambicus, dan Oreochromis niloticus. Jenis ikan ini adalah ikan yang memiliki warna yang bervariasi, mulai dari biru perak, perak kehitaman, merah perak, kekuningan, dan lain sebagainya.Ukuran panjang maksimal bisa mencapai 50 cm. Ukuran ikan jantan lebih kecil dibandingkan denganbetina.

Ikan jenis Oreochromis spp. termasuk jenis ikan yang tidak boleh diimpor dari luar negeri. Menurut Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor PER.17/MEN/2009 tentang Larangan Pemasukan Beberapa Jenis Ikan Berbahaya dari Luar Negeri ke Dalam Wilayah Negara Republik Indonesia, dan dari Global Invasive Species Database,ISSG (The Invasive Species Specialist Group).

Nama Ilmiah : Oreochromis spp.
Nama Umum : blue tilapia (Oreochromis aureus), mozambique tilapia (Oreochromis mossambicus), nile tilapia (Oreochromis niloticus)

Baca Juga : Larangan Impor Ikan Perca fluviatilis

Taksonomi Oreochromis spp.
Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Actinopterygii
Ordo : Perciformes
Famili : Cichlidae
Genus : Oreochromis
Species : Oreochromis aureus
Oreochromis mossambicus
Oreochromis niloticus

Habitat/Ekologi Oreochromis spp.
Ikan jenis ini merupakan ikan air tawar yang bisa ditemukan di berbagai jenis habitat beriklim tropis dengan suhu rata-rata 8 °C ? 30 °C seperti kolam, sungai, danau, muara sungai, dan bisa juga ditemukan di perairan dengan salinitas yang tinggi. Ikan Oreochromis spp ini bersifat bentopelagis potamodromous dan memiliki kemampuan untuk mentolerir salinitas perairan yang tinggi.

Penyebaran Daerah Asli Oreochromis spp.
Africa, Angola, Cameroon, Chad, Congo, Egypt, Eritrea, Ethiopia, Ghana, Israel, Jordan, Kenya, Lesotho, Malawi, Mali, Mozambique, Nigeria, Saudi Arabia, Senegal, Swaziland, Uganda, Zimbabwe.

Penyebaran Daerah Asing Oreochromis spp.
Sudah menyebar ke berbagai negara di benua Asia, Afrika, Australia, Amerika dan Eropa.

Baca Juga : Larangan Impor Ikan Petromyzon marinus

Dampak Oreochromis spp.
Oreochromis spp. merupakan jenis ikan air tawar yang toleran terhadap berbagai kondisi lingkungan perairan, dan dapat mendominasi suatu habitat.. Ikan jenis ini berkembang biak dengan cepat dan termasuk ikan pemakan segala, sehingga dapat bersaing dengan berbagai jenis ikan endemik yang ada pada suatu habitat.

Baca Juga: Belajar Ekspor dan Impor Ikan Olahan atau Ikan Hidup

Sepandai - pandainya tupai melompat sesekali jatuh juga, Sepandai - pandainya seseorang sekali waktu ada salahnya pula
Semoga Bermanfaat


reff : http://www.alamikan.com/2014/12/larangan-impor-ikan-oreochromis-spp.html


Related video : Larangan Impor Ikan Oreochromis spp.


Previous
Next Post »