Peluang Usaha Ternak Ikan Terbukti Sukses

Peluang Usaha Ternak Ikan Terbukti Sukses Air tawar untuk budidaya ikan hias bisa memberikan penghidupan bagi banyak orang yang menekuninya. Selain orang-orang yang gemar akan keindahan ikan hias, banyak orang yang menggantungkan hidup mereka pada budidaya dan pemasaran jenis ikan hias yang bervariasi.

Tak jarang beberapa petani yang sebelumnya untuk konsumsi ikan budidaya seperti ikan lele, nila, dll guramih beralih ke budidaya nya ikan hias.

Semua itu dilakukan karena potensi ekonomi budidaya ikan hias lebih menguntungkan daripada Ikan konsumsi. Dengan pemeliharaan dan makan pola hampir identik dengan ikan konsumsi, ikan hias dapat menghasilkan pendapatan yang lebih besar karena harga ikan hias lebih mahal. Kuncinya adalah benar-benar sabar dan budidaya ikan hias. 
Peluang Usaha Ternak Ikan
Peluang Usaha Ternak Ikan
Bila dibandingkan dengan ikan konsumsi budidaya pemeliharaanya hampir sama sedangkan masalah penjualan biasanya dihargai dengan sistem kiloan ikan konsumsi, untuk ikan hias memiliki penilaian per/ekor dalam nilai jualnya, sehingga budidaya ikan  konsumsi lebih menekankan pada kuantitas, sehingga dibutuhkan daerah yang lebih luas dan fasilitas lainnya.

ANALISA USAHA BUDIDAYA TERNAK LELE YANG MENGUNTUNGKAN

Hasil menekankan kualitas dan kuantitas ikan hias sehingga dapat dilakukan di lahan sempit dan bisa dilakukan sebagai usaha sampingan. Jika Anda tidak memiliki kolam besar, budidaya ikan hias bisa dilakukan di dalam akuarium atau semen tangki cukup kecil.

Jika lahan yang tersedia cukup kecil, kita harus lebih selektif dalam pemeliharaan ikan hias. ikan hias yang dipelihara kualitas yang cukup baik sementara kualitas kurang baik karena harus diafkir. 

Ada berbagai jenis Berharga ekonomi Ikan Hias adalah tinggi di antara ikan lain koi, manfish, Chef, Niasa, Redfin, Lemon, Komet, Sumatra Barb, Black Ghost, Aligator, Maya dan jenis-jenis ikan hias. ikan hias, ikan hias biasanya mencari seorang petani hobi dan ikan budidaya. 

Ikan Hias Salah satu model Koi

Salah satu alasan mengapa budidaya ikan hias dipilih selain memiliki nilai jual yang tinggi, proses pemijahan dan perawatan tidak memerlukan substansial modal tinggi dan operasional penetasan / ikan hias dibudidayakan masih di daerah tertentu yang masih memiliki potensi yang sangat besar. 

Karena penggemar ikan hias kadang rela mengeluarkan uang jutaan rupiah untuk memiliki impiannya ikan hias. Inilah yang terkadang membuat harga ikan hias membumbung tinggi. Selain keindahan ikan hias juga faktor favorit  yang turut menentukan harga.

Secara umum, ikan hias, yang memiliki bentuk, warna, kulit indah akan berharga cukup mahal. Di sinilah letak kunci keberhasilan budidaya ikan hias, menghasilkan ikan yang indah dan berkualitas baik. 

Keberadaan ikan hias sendiri tidak lagi sebagai hiburan semata atau hobi tetapi telah berkembang menjadi objek yang digunakan untuk tujuan pendidikan, penelitian, tujuan konservasi medis dan alam.

Sampai saat ini ikan hias air tawar merupakan salah satu jenis ekspor non-migas dari komoditas perikanan yang dapat memberikan kontribusi devisa yang cukup besar. Dengan kekayaan melimpah ikan hias, kesempatan yang lebih baik, Indonesia sebagai pengekspor komoditas ini sangat terbuka lebar peluangnya. 

Peternakan

Ikan hias adalah salah satu bisnis yang memberikan alternatif sumber penghasilan untuk meningkatkan pendapatan / ikan hias petani. Budidaya ikan hias dikembangkan berdasarkan prospek. Hal ini disebabkan budidaya ikan hias memiliki keuntungan sebagai berikut: 
  1. Teknologi ini mudah diserap dan diterapkan, karena teknologi yang digunakan cukup sederhana 
  2. budidaya ikan hias skala dapat dibudidayakan rumah tangga / usaha kecil, tidak membutuhkan lahan yang luas 
  3. perputaran modal cepat, dapat dipanen dalam jangka waktu yang singkat. 
  4. Ikan hias dapat menyerap tenaga kerja. 
  5. Sebuah pasar yang menjanjikan baik domestik maupun pasar ekspor. 


reff : http://www.seputarikan.com/2014/10/peluang-usaha-ternak-ikan.html


Related video : Peluang Usaha Ternak Ikan Terbukti Sukses


Previous
Next Post »