Mengenal tentang Kelembapan Udara

Pengertian Kelembapan udara

Kelembapan udara adalah banyaknya uap air dalam udara. jumlah uap air dalam udara ini sebetulnya hanya merupakan sebagian kecil saja dari seluruh atmosfer. Yaitu hanya kira-kira 2% dari dari jumlah masa. Akan tetapi uap air ini merupakan komponen udara yang sangat penting ditinjau dari segi cuaca dan iklim. Sebagian gas-gas yang menyusun atmosfer yang dekat permukaan laut relatif konstan dari tempat yang satu ke tempat yang lain. Sedang uap air merupakan bagian yang tidak konstan, bervariasi dari 0% sampai 5% (Alam Ikan 1).

Baca Juga : Keuntungan MSY (Maximum Sustainable Yield) dan MEY


Menurut (Alam Ikan 1), adanya variabilitas kandungan uap air ini dalam udara baik berdasarkan tempat maupun waktu adalah penting karena :
  • Besarnya jumlah uap air dalam udara merupakan indikator kapasitas potensial atmosfer tentang terjadinya presipitasi.
  • Uap air mempunyai sifat menyerap radiasi bumi sehingga ia akan menetukan cepatnya kehilangan panas dari bumi dan dengan sendirinya juga ikut mengatur temperatur.
  • Makin besar jumlah uap air dalam udara makin besar jumlah energi potensial yang laten tersedia dalam atmosfer dan merupakan sumber / asal terjadinya hujan angin (strom).

Sedangkan sebaran kelembapan udara ada tiga macam yaitu :
1. Sebaran vertikal
  • Sebaran vertikal terjadi karena sumber kelemba1pan udara adalah permukaan bumi, maka sebagian besar uap air akan terkumpul di lapisan yang lebih bawah. Dan uap air itu jumlahnya turun dengan cepat dengan naiknya temperatur.
2. Sebaran horisontal
  • Uap air dalam udara yang dinyatakan  dalam kelembapan spesifik atau tekanan uap mempunyai harga tertinggi di katulistiwa dan terendah di kutub. Ini serupa dengan sebaran temperatur, yang merupakan faktor penentu besarnya kapasitas udara
Baca Juga : Ikan yang Bersimbiosis dengan Bakteri

Menurut (Alam Ikan 2), berbagai cara digunakan untuk menyatakan jumlah uap air yang ada di udara :
  1. Kelembapan mutlak, yakni angka yang menunjukan jumlah massa uap air yang terdapat dalam satuan volume udara, dinyatakan dalam gram per meter kubik udara.
  2. Kelembapan nisbi, yakni angka yang menunjukan perbandingan antara massa uap air yang sesungguhnya ada dalam suatu massa udara pada suhu tertentu, dengan massa uap air dalam keadaan udara kenyang pada suhu itu, biasanya dinyatakan dalam %.
Pengamatan kelembapan udara dimaksudkan untuk memperoeh data tentang kelembapan nisbi dari udara atmosfer daerah yang diamati. Utama maksud tersebut diperlukan alat pengukuran kelembaban udara. Ada berbagai tipe alat pengukuran kelembaban udara tetapi yang umum dipakai adalah hygrometer dan psychrometer. adapun yang berhubungan dengan udara  adalah temperatur udara


Explanation :
Alam Ikan 1 : Wilson, 1993
Alam Ikan 2 : Lakitan, 1994

Sepandai - pandainya tupai melompat sesekali jatuh juga, Sepandai - pandainya seseorang sekali waktu ada salahnya pula. 
Semoga Bermanfaat


reff : http://www.alamikan.com/2012/11/kelembapan-udara.html


Related video : Mengenal tentang Kelembapan Udara


Previous
Next Post »