Prinsip kerja Echo sounder

Echo sounder

Echo sounder adalah  salah satu peralatan elektronik yang terdapat di kapal guna untuk mengukur kedalaman air laut (Alam Ikan 1).

Prinsip kerja ?echo sounder? adalah pengukuran kedalaman laut berdasarkan pulsa getaran suara. Getaran pulsa-pulsa tersebut dipancarkan dari transducer kapal secara vertikal ke dasar laut, selanjutnya permukaan dasar laut, selanjutnya permukaan dasar laut akan memantulkan kembali pulsa-pulsa itu kemudian diterima oleh transducer kapal (Alam Ikan 1).

Baca Juga : Alat Bantu Navigasi Laut

Selang waktu pulsa saat dipancarkan sampai kembali ke ?receiver? dihitung, sedangkan kecepatan membuat suara di air dapat dikatakan tetap, sehingga setengah waktu tempuh dikalikan dengan kecepatan suara di air dapat dihitung sebagai kedalaman air (Alam Ikan 2)

Rumus kecepatan pulsa air di laut:
2d = V.T

Dimana : 
d  = jarak 
V = kecepatan rambat suara
T = waktu (dalam detik)
Baca Juga : Jenis dan Bentuk Mulut Ikan

Sistem kerja echo sounder
?Recorder? mengirimkan sinyal yang mengeluarkan suara ultrasonic dengan waktu selangan yang teratur dari dasar laut, kepada transmitter. ?Recorder? mencatat kedalaman air secara otomatis dengan membangkitkan sinyak baru, setiap kali sinyal-sinyal yang dipantulkan dari ?receiver?  dikirimkan ke pencatat yang bergerak diatas kertas dengan kecepatan tertentu (Alam Ikan 3).

?Transmitter? merupakan alat yang mengeluarkan sinar elektronik yang kuat untuk mengeluarkan gelombang dari ?transducer?, waktunya mengeluarkan gelombang ultrasonic dikontrol oleh ?recorder?. ?Transducer? adalah alat yang mengeluarkan dan menerima gelombang suara. Gelombang suara tersebut mengubah sinyal-sinyal listrik dari ?transmitter?ke pulsa-pulsa ??ultrasonic? untuk dikirim kedalam air. Pulsa-pulsa ?ultrasonic? ini merambat lewat air dan memantul didasar laut atau kawanan ikan mengembalikan ke ?transducer? lagi sebagai gema. Gema ini dirubah lagi menjadi sinyal-sinyal elektro sebelum dikirim ke ?receiver?. ?Receiver? memperkuat penerimaan sinyal-sinyal dari ?transducer? yang akan mengirim sinyal-sinyal gema ke pena-pencatat ?recorder? (Alam Ikan 3).

Perangkat utama ?echo sounder?
?Echo sounder? terdiri atas 4 komponen (gambar 3) antara lain: ?transmitter?, ?transducer?, ?receiver?, dan ?recorder?. Fungsi ?transmitter? adalah memproduksi energi berupa listrik. Pada ?transducer ? listrik diubah menjadi pulsa suara yang dipancarkan ke air dan pada alat ini juga ?echo?  yang diterima berupa pulsa suara dirubah kembali menjadi pulsa listrik. Fungsi ?receiver? adalah memperkuat pulsa listrik yang masih lemah yang datang dari ?transducer?  sampai dapat dicatat atau ditayangkan (Alam Ikan 4).

Transmitteradalah bagian suatu alat yng memproduksi pulsa listrik untuk dikirimkan ke  ?transducer?, namun sebelum sampai di ?transducer?  pulsa listrik tadi diperkuat dulu dari hanya beberapa watt (W) menjadi ribuan Kilo watt (Kw) (Alam Ikan 4).

Transducerbagian suatu alat yang berfungsi merubah pulsa listrik menjadi pulsa suara yang kemudian memancarkanya kedalam air untuk mengenai sasaran maka akan dipantulkan lagi, yang akhirnya juga akan diterima kembali oleh ?receiver?. Disini pulsa suara dirubah kembali menjadi pulsa listrik kemudian diperkuat oleh? receiver amplifier? (Alam Ikan 4).

Receiver?, bagian alat ini salak satu fungsinya adalah memperkuat energi pulsa listrik yang lemah dari ?transducer? menjadi kira-kira satu juta kali yang kemudian siap diproses untuk diteruskan pada ?stylus? (Alam Ikan 4).



Baca Juga : Berbagai macam Bentuk Tubuh Ikan

Recorder?, alat yang berfungsi menggambarkan informasi pulsa listrik dalam bentuk goresan pada kertas pencatat dengan menggunakan ?stylus?. Dilihat dari penggunaanya kertas pencatat pada ?echo sounder terbagi dua jenis yaitu kertas basah, dan kertas kering yang masing-masing mempunyai kekurangan dan kelebihan. Kekuranganya dalam penggunaan kertas basah adalah dalam hal penyimpananya, yaitu kertas harus selalu basah, karena apabila kertas yang akan dipakai menjadi mengering sebelum digunakan maka gambar hasil rekaman tidak jelas, sedangkan kelebihanya gambar hasil rekaman akan lebih jelas perbedaan-perbedaanya. Kertas kering kelebihanya gambar tidak akan menjadi kabur/berubah walupun disimpan untuk jangka waktu yang lama  (Alam Ikan 4).

Selain dengan kertas pencatat, sinyal listrik yang datang dari receiver dapat juga ditampilkan melalui suatu alat yang disebut ?Oscilloscope? atau ?Cathode Ray Tube? (CRT) yaitu berupa tayangan sinyal dalam layar monitor  (Alam Ikan 4).

Hal Lain Yang berhubungan dengan Navigasi
  1. Peta laut dan Penerbitan navigasi
  2. Suar
  3. Fish finder
  4. Echo sounder
  5. RADAR
  6. SONAR
  7. GPS
Explanation :
Alam Ikan 1 : Suariyoto, 2002
Alam Ikan 2 : Ismail, 1975
Alam Ikan 3 : Sonnenberg,  1987
Alam Ikan 4 : Martopo, 1992

Sepandai - pandainya tupai melompat sesekali jatuh juga, Sepandai - pandainya seseorang sekali waktu ada salahnya pula. 
Semoga Bermanfaat


reff : http://www.alamikan.com/2012/11/mengetahui-tentang-echo-sounder.html


Related video : Prinsip kerja Echo sounder


Previous
Next Post »