Larangan Impor Ikan Misgurnus anguillicaudatus

Ikan Misgurnus anguillicaudatus berwarna coklat kehijauan, abu-abu coklat dengan corak hitam, dengan warna perut yang pucat. Bentuk tubuhnya memanjang seperti belut (lateral dikompresi). Umumnya berukuran sekitar 15 cm tetapi bisa mencapai ukuran maksimum hingga mencapai 30 cm. Ikan ini memiliki mulut yang kecil dan sempit dengan bibirnya yang tebal dan berdaging. Ikan jantan umumnya memiliki sirip dada yang besar.

Ikan jenis Misgurnus anguillicaudatus termasuk jenis ikan yang tidak boleh diimpor dari luar negeri. Menurut Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor PER.17/MEN/2009 tentang Larangan Pemasukan Beberapa Jenis Ikan Berbahaya dari Luar Negeri ke Dalam Wilayah Negara Republik Indonesia, dan dari Global Invasive Species Database,ISSG (The Invasive Species Specialist Group).

Nama Ilmiah : Misgurnus anguillicaudatus
Nama Umum : weather loach

Baca Juga : Larangan Impor Ikan Lutjanus kasmira

Taksonomi Misgurnus anguillicaudatus
Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Actinopterygii
Ordo : Cypriniformes
Famili : Cobitidae
Genus : Misgurnus

Habitat/Ekologi Misgurnus anguillicaudatus
Merupakan ikan air tawar demersal yang mendiami sungai, danau, rawa kolam dan sawah dengan substrat berlumpur. Mereka biasanya bersembunyi di bawah dedaunan, kotoran dan sampah dengan kepala mereka yang mencuat ke permukaan air. Biasanya mendiami iklim subtropis dengan suhu antara 5C - 25C. Telah menyebar hingga ke Australia, Jerman, Spanyol dan wilayah Amerika serikat.

Penyebaran Daerah Asli Misgurnus anguillicaudatus
Cina (Anhui, Beijing, Fujian, Guangdong, Guangxi,Heilongjiang, Henan, Hunan, Jiangxi, Jilin, Liaoning, Shandong, Shanxi, Tianjin, Zhejiang), Hong Kong, Jepang, Republik Korea; Federasi Rusia (Amur, Sakhalin), Spanyol, Taiwan, dan Viet Nam.

Penyebaran Daerah Asing Misgurnus anguillicaudatus
Amerika Serikat, Australia, Kamboja, Kanada, Itali,Jerman, Kazakhstan, Filipina, Thailand, Turkmenistan, Amerika Serikat, Uzbekistan.

Baca Juga : Larangan Impor Ikan Micropterus salmoides

Dampak Misgurnus anguillicaudatus
Ikan ini menyebabkan berkurangnya populasi makroinvertebrata dan menurunkan kualitas air.

Baca Juga: Belajar Ekspor dan Impor Ikan Olahan atau Ikan Hidup

Sepandai - pandainya tupai melompat sesekali jatuh juga, Sepandai - pandainya seseorang sekali waktu ada salahnya pula
Semoga Bermanfaat


reff : http://www.alamikan.com/2014/12/larangan-impor-ikan-misgurnus.html


Related video : Larangan Impor Ikan Misgurnus anguillicaudatus


Previous
Next Post »