Stabilitas Melintang
Stabilitas melintang adalah ukuran kemampuan sebah kapal untuk kembali tegak, setelah mengoleng.
tabilitas melintang (transverse stability atau athwartships stability) mencegah kapal untuk terbali (rolling over). Penambahan berat di atas titik pusat gravitasi (Center of Gravity ? COG) memperbesar jarak antara dan titik pusat buoyancy (Center of Buoyancy ? COB). Hasilnya stabilitas kapal juga berkurang. Mengurangi berat dibawah COG juga akan mengurangi stabilitas kapal. Jika COG naik cukup signifikan akan menyebabkan kapal tidak stabil (unstable).
tabilitas melintang (transverse stability atau athwartships stability) mencegah kapal untuk terbali (rolling over). Penambahan berat di atas titik pusat gravitasi (Center of Gravity ? COG) memperbesar jarak antara dan titik pusat buoyancy (Center of Buoyancy ? COB). Hasilnya stabilitas kapal juga berkurang. Mengurangi berat dibawah COG juga akan mengurangi stabilitas kapal. Jika COG naik cukup signifikan akan menyebabkan kapal tidak stabil (unstable).
Stabilitas Membujur

Kapal yang mengapung dengan darfat belakang dan depan dinamakan dengan even keel, atau trim bernilai 0 (nol). Jika kapal mengapung dengan draft belakang dan depan tidak sama, maka kapal tersebut disebut dengan trim. Draft belakang lebih besar dari draft depan maka kapal disebut dengan trim belakang (trim by stern), sebaliknya disebut trim depan (trim by the bow). Jumlah trim adalah selisih antara draft belakang dan draft depan.


Demikian semoga bermanfaat
reff : http://rustadhieperikanan.blogspot.com/2014/11/stabilitas-kapal.html
EmoticonEmoticon