Rusia Tembak Kapal Kargo China


Insiden penembakan kapal kargo China berawak Indonesia di perairan Vladivostok, Rusia menimbulkan protes keras pemerintah China. Sikap Rusia atas tenggelamnya kapal tersebut setelah ditembaki pasukan Rusia sangat tak bisa diterima.

Zhang Xiyun, pejabat Kementerian Luar Negeri China telah menyampaikan hal itu pada Konselor Menteri Rusia untuk China Morgulov Igor seperti dilansir Xinhua, Minggu (22/2/2009).

Dikatakan Zhang, sikap Kementerian Luar Negeri Rusia mengenai insiden itu "sulit dipahami dan tidak bisa diterima" oleh China.

Kapal kargo New Star milik China tenggelam di perairan dekat Vladivostok, Rusia pada Minggu, 15 Februari lalu setelah ditembaki pasukan penjaga pantai Vladivostok. Kapal tersebut mengangkut 16 ABK yang terdiri dari 6 WNI dan 10 warga China. Tiga ABK Cina dilaporkan selamat, namun ABK WNI hingga kini masih hilang. ABK WNI itu termasuk 7 dari awak kapal yang belum ditemukan.

Wakil Menteri Luar Negeri China Li Hui telah memanggil Duta Besar Rusia Sergei Razov terkait insiden ini. Li mendesak otoritas Rusia menyelesaikan investigasi atas insiden tersebut secepatnya. Li juga menyerukan Rusia mengerahkan segenap upaya untuk mencari ABK yang masih hilang.
Sumber: Detik Com



reff : http://perikanan-tangkap.blogspot.com/2009/02/rusia-tembak-kapal-kargo-china.html


Related video : Rusia Tembak Kapal Kargo China


Previous
Next Post »