5 Tips Memancing Ikan Mujair dengan Umpan Cacing

Perlu tips-tips memancing ikan mujair dengan umpan cacing? Ikan mujair adalah ikan air tawar yang biasa hidup di perairan yang tenang seperti rawa-rawa, danau, dan muara sungai. Ikan ini termasuk ikan yang cukup disukai oleh para pemancing karena selain memiliki citarasa yang lezat, tarikan ikan mujair mampu memberikan sensasi tersendiri.

Karakteristik ikan mujair ialah mempunyai tubuh yang berwarna abu-abu kehitaman dengan diselingi warna kuning. Besar badan ikan bernama latin Oreochromis mossambicus ini bisa mencapai seukuran 1-2 telapak tangan orang dewasa. Di bagian punggungnya terdapat duri sebanyak 20 sirip dengan seluruh tubuhnya yang diselimuti oleh sisik yang tebal.

tips-memancing-ikan-mujair.jpg

Ada banyak umpan yang dapat digunakan untuk memancing ikan mujair. Contohnya seperti cacing, udang, rebon, teri, pelet, hingga lumut. Nah, pada kesempatan kali ini, Tips Ikan akan memberikan tips-tips dalam mancing ikan mujair memakai umpan berupa cacing. Yap, cacing merupakan makanan favorit bagi ikan air tawar, termasuk ikan mujair.

  1. Gunakan joran yang berjenis tegek (walesan) dengan panjang hingga mencapai 3-5 meter. Bisa juga menggunakan joran yang berukuran lebih pendek, namun lengkapi lah dengan reel. Sebenarnya sah-sah saja bila Anda memakai joran dari jenis yang lain. Cuma penggunaan joran yang sederhana ini dimaksudkan untuk mendapatkan sensasi memancing ikan mujair yang sesungguhnya.
  2. Pasang pelampung yang berukuran sedang dan karet stopper pada tali line pancing. Ikat juga timbel sebagai pemberat di posisi yang tidak terlalu jauh dari mata pancing. Jadi cara penyetelannya ialah stopper dipasang di posisi paling atas, lalu pasang pelampung persis di bawahnya. Kemudian kail dipasang di posisi yang paling bawah dengan pemberat di bagian atasnya.
  3. Siapkan umpan berupa cacing yang masih hidup. Setelah itu, potong cacing tersebut menjadi beberapa bagian agar mudah dikaitkan di mata kail. Anda bisa memasang 3-5 umpan sekaligus dalam setiap set pancing agar potensi mendapatkan ikan menjadi lebih besar.
  4. Lokasi yang ideal untuk memancing ikan mujair adalah di lingkungan perairan yang tenang dan banyak ditumbuhi oleh tumbuhan-tumbuhan air. Hindari memancing di area yang airnya tampak keruh sebab ikan mujair tidak begitu menyukainya. Lempar mata kail sejauh-jauhnya ke tengah perairan, di mana umumnya banyak terdapat ikan mujair di dalamnya.
  5. Biasanya umpan cacing mampu menggoda ikan mujair. Jangan heran kalau tak lama setelah kail dilemparkan, sudah ada ikan yang menyambarnya. Ingat, ikan mujair termasuk ikan yang agresif sehingga tarikannya terasa berat dan jauh ke dalam. Kalau kail tampak bergerak-gerak tetapi tidak menyelam ke bawah, tandanya bukan ikan mujair yang melahapnya. Kemungkinan besar yaitu ikan sepat, ikan betok, ikan patin, atau ikan yang lain.

Di beberapa tempat yang mengandung air payau, kadang-kadang sering ditemukan pula ikan mujari yang hidup di dalamnya. Untuk memancing ikan mujair di air payau, jangan pernah menggunakan umpan cacing sebab bakalan sulit mendapatkannya. Rekomendasi kami gunakan saja umpan berupa udang atau pun rebon.



reff : http://tipsikan.blogspot.com/2016/04/5-tips-memancing-ikan-mujair-dengan.html


Related video : 5 Tips Memancing Ikan Mujair dengan Umpan Cacing


Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
Unknown
AUTHOR
September 7, 2018 at 6:14 PM delete

Sip!! Siap dipraktekan. Terimakasih bos infonya. Jangan lupa kunjungi website kami ya! http://bit.ly/2ATcxRG

Reply
avatar