Kandungan Gizi dan Manfaat Ikan Sidat

Ikan sidat adalah sebutan untuk keluarga ikan yang memiliki postur tubuh yang memanjang menyerupai ular. Adapun ordo Anguilliformes terdiri dari 4 subordo, 19 famili, 110 genera, dan 400 spesies. Kebanyakan spesies ikan sidat hidup di air laut, namun beberapa spesies ada pula yang tinggal di air tawar.

Di beberapa daerah, ikan sidat dikenal dengan nama sogili, moa, lubang, pelus, larak, dan uling. Uniknya, sebagian masyarakat juga sering menyebutnya belut bertelinga karena memang ikan ini memiliki sirip berukuran kecil yang sepintas mirip telinga. Di Jepang, ikan sidat malah dikenal sebagai unagi dan merupakan salah satu makanan favorit warga setempat.

manfaat-ikan sidat.jpg

Selain karena rasa dagingnya yang enak, ternyata ikan sidat juga kaya nutrisi dan manfaat. Bahkan ikan ini disebut-sebut sebagai sumber nutrisi paling baik mengalahkan daging ikan salmon. Lantas, apa sajakah kandungan nutrisi yang terdapat di dalam ikan sidat?

Kandungan Nutrisi Ikan Sidat

Di dalam 1 fillet ikan sidat seberat 204 gram terkandung kolesterol 257 mg, sodium 104 mg, protein 38 g, dan air 139 g. Sedangkan total kalorinya sebanyak 375 yang terdiri atas karbohidrat 0.2, lemak 215, dan protein 161. Sementara itu, kandungan lemaknya sejumlah 23.8 g meliputi lemak jenuh 4.8 g, lemak tak jenuh tunggal 14.7 g, lemak tak jenuh jamak 1.9 g, asam lemak omega-3 1332 mg, dan asam lemak omega-6 400 mg.

Ikan sidat juga mengandung berbagai vitamin dan mineral. Kandungan vitamin di dalam ikan sidat antara lain Vitamin A 7093 IU, Vitamin C 3.7 mg, Vitamin E (Alpha Tocopherol) 8.2 mg, Thiamin 0.3 mg, Riboflavin 0.1 mg, Niacin 7.1 mg, Vitamin B6 0.1 mg, Folate 30.6 mcg, Vitamin B12 6.1 mcg, Pantothenic Acid 0.1 mg, dan Choline 133 mg. Sedangkan untuk kandungan mineral di dalam ikan sidat di antaranya Kalsium 40.8 mg, Besi 1.0 mg, Magnesium 40.8 mg, Fosfor 441 mg, Potasium 555 mg, Sodium 104 mg, Zinc 3.3 mg, Mangan 0.1 mg, dan Selenium 13.3 mcg.

Manfaat Ikan Sidat bagi Kesehatan

Berdasarkan informasi kandungan gizi ikan sidat di atas maka dapat disimpulkan bahwa manfaat-manfaat ikan ini untuk kesehatan tubuh yaitu :

  1. Ikan sidat sama sekali tidak mengandung gula, rendah sodium, dan tinggi fosfor.
  2. Daging ikan ini juga sangat kaya akan vitamin A, B1, B2, B12, D dan E yang berguna untuk membangun sistem jaringan tubuh.
  3. Ikan sidat juga mengandung bahan-bahan alami yang bermanfaat untuk meremajakan kulit.
  4. Ikan ini juga diklaim mampu menurunkan kadar kolesterol, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi risiko penyakit arthritis.
  5. Ikan sidat juga sangat baik untuk mengembalikan fungsi penglihatan, mendukung perkembangan otak, dan memperbaiki fungsi sistem saraf.
  6. Penelitian telah menunjukkan bahwa ikan sidat mampu meredakan penyakit diabetes secara signifikan.
  7. Karena mengandung omega 3 yang tinggi, ikan sidat bahkan sanggup menghambat meluasnya diabetes.
  8. Ikan sidat pun membantu mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular seperti kadar trigliserida yang tinggi.
  9. Daging, kulit, dan tulang ikan sidat juga diklaim dapat meningkatkan gairah dan stamina pria dewasa.


reff : http://tipsikan.blogspot.com/2016/01/kandungan-gizi-dan-manfaat-ikan-sidat.html


Related video : Kandungan Gizi dan Manfaat Ikan Sidat


Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
October 10, 2022 at 6:28 AM delete

Cucu Puan Mazili, Kanser Leukimia ALL B- Cell.
Puan Mazili ada cucu lelaki berumur 3 tahun 8bulan yang dulu menghidap kanser Leukimia ALL B-Cell (Acute Precursor B-Cell All). Kalau dulu dia mengalami komplikasi limpa dan hati yang dah bengkak tapi sekarang syukur dia dah sembuh dengan rawatan doktor dan rawatan dari Jutawan Herbs.Sekarang dia menjalani kehidupan seperti kanak-kanak sihat lain.
..................................................................

▪️Puan Roselawaty bt Jaafar, Kanser payudara tahap 2.
Pada tahun 2019 doktor telah mengesahkan dia menghidap kanser payudara tahap 2. Sekarang ni dah sembuh dari kanser selepas membuat rawatan di hospital dan mengamalkan Jus Jutawan Herbs.

.................................................................

▪️Puan Zalina bt Ismail, Kanser Payudara.
Dia telah disahkan menghidap kanser payudara pada tahun 2018 dan kini dah sembuh setelah menjalani rawatan hospital dan merawat dengan rawatan Jus Jutawan Herbs.

..................................................................

▪️Puan Noraini Yusof, Kanser Payudara tahap 3.
Pada tahun 2017 dia disahkan doktor menghidap kanser payudara tahap 3.size ketulan kanser Puan Noraini dalam 13.3 cm. Disamping meneruskan rawatan hospital, dia juga terus kekal minum Jus Neo Plus Jutawan Herbs yang juga merawat dan memastikan kesihatan terus baik. Keputusan ujian kesihatan semua bagus dan sekarang dah sembuh.

...............................................................

Nanti boleh hubungi saya sendiri untuk testimoni2 td tu yer dan testimoni2 pesakit2 lain dan banyak lagi ..😉

Jadi saya mintak pd sape2 yg ada sakit kanser x kisah lah kanser apa pon...Call atau terus wasap saya sendiri okay👇🏻
En. Mohd Zuhairi - 017468 7570


💐Yg penting ubat nya MAMPU DIBELI dan mujarab..mudah mudahan aaminn..🤲🏼


Call order wasap@call saya- En mohd zuhairi- 0174687570

😁kalau wasap saya blas lambat (biasa nya sebab ramai yg wasap saya.)
Tak pa nanti sy balas wasap pelan2 taw
#sharepadayangmemerlukan
#sharing is caring
En. Mohd Zuhairi ,Pengasas Jutawan Herbs- 017468 7570

Reply
avatar