Pemeliharaan Ikan Lele Dumbo (Clarias gariepinus Burchell)

D. Pemeliharaan Ikan Lele Dumbo (Clarias gariepinus Burchell )
Memelihara lele dumbo bisa dilakukan di berbagai tempat. Ikan lele umumnya dipelihara di kolam. Kolam bisa dibuat dari bermacam-macam bahan bisa beton, terpal, bahkan bisa dipelihara di sawah penduduk. Kolam beton bisa dibangun dengan syarat adanya lahan yang cukup. Ukuran kolam sebagai pedoman, setiap 1 m? air dapat menampung 30-50 ekor lele berukuran sekitar 10 cm.

Bila kedalaman kolam 1-1,5 m, maka setiap 1 m? kolam dapat digunakan untuk memelihara paling sedikit 30 ekor lele. Dinding kolam sebaiknya dibuat tegak lurus, karena lele memiliki patil yang dapat digunakan untuk merangkak dengan berpijak pada dinding yang agak miring.

Dasar kolam sebaiknya dibuat agak miring ke arah pintu pengeluaran air, agar pengeringan kolam tidak mengalami kesulitan (Alam Ikan1). Variasi Kolam bisa dilakukan dengan berbagai cara karena tidak adanya spesifikasi ukuran kolam yang baku. Bisa bervariasi, luas minimal 20 m? dan maksimal 70 m?. Tinggi kolam antara 80 cm -120 cm, kedalaman air antara 70 cm - 110 cm.

Bentuk kolam pun bisa bervariasi, bisa segiempat panjang atau pun bujursangkar, dan bundar. Saluran pemasukan air posisinya sedikit di atas. Kolam dilengkapi dengan 2 atau 3 pembuangan yaitu pembuangan atas, tengah dan bawah. Lubang pembuangan atas untuk membuang kotoran dan fitoplankton yang berlebih atau tebal biasanya dilakukan pada siang hari. Lubang bawah untuk membuang endapan yang berasal dari sisa-sisa pakan, kotoran ikan, maupun plankton yang mati.

Kualitas air diusahakan sesuai kultur ikan. Air diupayakan tidak terlalu bening agar lele merasa lebih nyaman (Alam Ikan1). Kolam terpal adalah kolam yang dasarnya maupun sisi-sisi dindingnya dibuat dari terpal. Kolam terpal dapat mengatasi resiko-resiko yang terjadi pada kolam gali maupun kolam semen. Pembuatan kolam terpal dapat dilakukan di pekarangan ataupun di halaman rumah.

Keuntungan lain dari kolam terpal adalah :
  1. Terhindar dari pemangsaan ikan liar.
  2. Dilengkapi pengatur volume air yang bermanfaat untuk memudahkan pergantian air maupun panen. Selain itu mempermudah penyesuian ketinggian air sesuai dengan usia ikan.
  3. Dapat dijadikan peluang usaha skala mikro dan makro.
  4. Lele yang dihasilkan lebih berkualitas, lele terlihat tampak bersih, dan seragam (Alam Ikan2).

Info lainnya tentang ikan lele :
A. Taksonomi dan Morfologi Ikan Lele Dumbo (Clarias gariepinus Burchell)
B. Habitat
C. Sifat Ikan Lele Dumbo (Clarias gariepinus Burchell)

Explanation :
Alam Ikan1 : Puspowardoyo dan Djarijah, 2002
Alam Ikan 2 : Puspowardoyo dan Djarijah, 2002; Margolang, 2008

Sepandai - pandainya tupai melompat sesekali jatuh juga, Sepandai - pandainya seseorang sekali waktu ada salahnya pula.
Semoga Bermanfaat


reff : http://www.alamikan.com/2014/11/pemeliharaan-ikan-lele-dumbo-clarias.html


Related video : Pemeliharaan Ikan Lele Dumbo (Clarias gariepinus Burchell)


Previous
Next Post »