ALASAN NAUTIKA PELAYARAN MEMPELAJARI ASTRONOMI

Sumber gambar:
Modul PJJ Astronomi
Astronomi ialah cabang ilmu alam yang melibatkan pengamatan benda-benda langit (seperti halnya bintang, planet, komet, nebula, gugus bintang, atau galaksi) serta fenomena-fenomena alam yang terjadi di luar atmosfer Bumi (misalnya radiasi latar belakang kosmik (radiasi CMB)). Ilmu ini secara pokok mempelajari berbagai sisi dari benda-benda langit ? seperti asal-usul, sifat fisika/kimia, meteorologi, dan gerak ? dan bagaimana pengetahuan akan benda-benda tersebut menjelaskan pembentukan dan perkembangan alam semesta (wikipedia).

Dalam pelayaran kita tidak mesti dapat memprediksi kondisi pelayaran sesuai yang kita rencanakan terlebih peralatan keselamatan yang sumber energinya dari listrik, akan tetapi andaikata terjadi kerusakan pada alat navigasi maka penggunaan posisi dengan cara konvensional sangat diperlukan. Salah satu penyebab kesalahan penentuan posisi kapal di laut ,baik yang terjadi di laut lepas maupun di pantai adalah peranan dari para awak kapal yang tidak memperhatikan astronomi sehingga dapat terjadi salah duga yang akhirnya menyebabkan pelayaran tidak efisien bahkan menimbulkan kecelakaan fatal seperti kapal kandas, salah tujuan dan tubrukan akbitnya menyebabkan membahayakan nyawa manusia bahkan dirinya sendiri.

Sedemikian pentingnya pengetahuan ilmu astronomi untuk keselamatan pelayaran, maka setiap awak kapal yang bersangkutan bahkan calon awak kapal harus dibekali dengan seperangkat pengetahuan dan keterampilan dalam menentukan posisi dengan bantuan ilmu astronomi. Sehingga keselamatan dan kenyamanan pelayaran dapat dicapai.



reff : http://perikanan-tangkap.blogspot.com/2012/09/alasan-nautika-pelayaran-mempelajari.html


Related video : ALASAN NAUTIKA PELAYARAN MEMPELAJARI ASTRONOMI


Previous
Next Post »