Kandungan Gizi Ikan Kembung dan Manfaatnya

Apa sajakah kandungan gizi yang terdapat pada ikan kembung? Apa pula manfaatnya bagi kesehatan? Ikan kembung adalah ikan pelagis kecil yang termasuk ke dalam marga Rastrelliger dan suku Scombridae. Ini berarti ikan kembung masih bersaudara dengan tongkol, ikan tuna, makerel, dan tenggiri. Di beberapa daerah, ikan ini dikenal pula dengan sebutan banyar, banyara, lema, atau tatare.

Karena bertubuh cukup kecil, ikan kembung mempunyai nilai ekonomis yang sedang. Harganya memang tidak terlalu mahal bagi mayoritas keluarga di Indonesia. Meskipun begitu, faktanya ikan ini banyak mengandung gizi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Bahkan kandungan omega 3 pada ikan kembung jauh lebih tinggi daripada ikan salmon.

kandungan-gizi-ikan-kembung.jpg

Tahukah Anda? Di dalam setiap 100 gram ikan kembung tersimpan 5 mg kalsium, 1 mg zat besi, 230 mg fosfor, 350 mg potasium, dan 140 mg natrium. Sedangkan vitamin-vitamin yang terkandung di dalamnya meliputi 0.05 mg vitamin A, 0.15 mg vitamin B1, 0.35 mg vitamin B2, 0.7 mg vitamin B6, dan 1.6 mg vitamin E. Ternyata daging ikan kembung juga kaya akan kandungan omega 3 hingga melebihi ikan salmon.

Omega 3 adalah asam lemak esensial yang memiliki manfaat luar biasa untuk mendukung pertumbuhan dan menjaga kesehatan manusia. Khasiatnya yang paling utama ialah membantu perkembangan otak, menjaga kesehatan mata, dan mengoptimalkan penyerapan kalsium. Di samping itu, omega 3 pun dapat berfungsi sebagai anti inflamasi sehingga bisa memperkecil risiko penyakit jantung koroner dan nyeri persendian.

Jadi setuju kan sumber gizi yang bagus tidak melulu harus berasal dari bahan makanan yang harganya mahal? Ikan kembung yang umumnya dibanderol dengan harga Rp15-20 ribu/kg pun dapat menjadi sumber gizi yang baik untuk Anda sekeluarga. Dengan citarasa daging yang gurih dan lezat, ikan ini juga bisa diolah menjadi berbagai masakan mulai dari digoreng, dibakar, direbus, dikukus, sampai dibuat pepes ikan kembung.



reff : http://tipsikan.blogspot.com/2016/04/kandungan-gizi-ikan-kembung-dan.html


Related video : Kandungan Gizi Ikan Kembung dan Manfaatnya


Previous
Next Post »