Jarak Pandang Maksimum Mata Ikan

Pengertian Jarak pandang maksimum Ikan
Jarak pandang maksimum merupakan kemampuan ikan untuk melihat suatu obyek benda secara jelas pada jarak tertentu. Ikan mempunyai suatu kemampuan untuk dapat melihat pada waktu siang hari dengan kekuatan penerangan ratusan ribu lux dan dalam keadaan hampir gelap sekalipun. Kuat penerangan erat hubungannya dengan tingkat sensifitas penglihatan ikan, dengan kata lain bahwa berkurangnya derajat penerangan akan menyebabkan berkurangnya jarak penglihatan ikan. Dengan berkurangnya kekuatan penerangan beberapa puluh lux saja maka jarak penglihatan akan berkurang dua kali. Jarak penglihatan juga tergantung pada ukuran obyek itu sendiri (Alam Ikan 1).

Jarak penglihatan tidak hanya tergantung pada sifat indra penglihatan saja, tetapi juga pada keadaan penglihatan di dalam air. Pada kejernihan yang baik dan terang maka jarak penglihatan benda-benda yang kecil tergantung pada kemampuan jelasnya penglihatan mata. Beberapa jenis ikan yang besar mempunyai kemampuan untuk melihat benda-benda yang agak besar dan kontras dengan latar belakangnya pada jarak beberapa puluh meter (Alam Ikan 2).

Jarak pandang maksimum adalah kemampuan ikan untuk melihat suatu objek benda secara jelas pada jarak tertentu. Kemampuan ini dalam penerapannya digunakan untuk mengetahui kemungkinan pelolosan ikan dari suatu alat tangkap yang sedang dioperasikan (Alam Ikan 3).

Jarak pandang maksimum (maximum sighting distance/MSD) adalah kamempuan ikan untuk melihatsuatu objek benda secara jelas pada jarak tertentu (Alam Ikan 3) untuk mengetahui kemempuan jarak pandang ikan,terlebih dahulu perlu diketahui nilai pambeda terkecil/minimum separable angle dalam satuan menit. Dalam perhitungan diasumsikan bahwa keadaan perairan jernih (clear water) dan tingkat percahayaan dalam keadaan terang (ideal light condition). menurut (Alam Ikan 3) jarak pandang maksimum ikan akan seiring dengan perbedaan ukuran panjang tubuhnya.

Ada lagi yang berhubungan Morfologi Ikan seperti berikut :
  1. Retina Mata Ikan
  2. Sel Fotoreseptor Mata Ikan
  3. Vitreous Humor
  4. Lensa Mata Ikan
  5. Ketajaman Penglihatan Mata Ikan
  6. Jarak pandang maksimum Mata Ikan
  7. Sumbu penglihatan Mata Ikan
  8. Suara Ikan di Perairan
  9. Inner Ear Ikan
  10. Gelembung Renang ikan
  11. Linea Lateralis Ikan
  12. Stress Pada Ikan
  13. Tingkah Laku Ikan Terhadap Suara
    Explanation :
    Alam Ikan 1 : Woodhead, 1966
    Alam Ikan 2 : Matayfel dan Radakov, 1965
    Alam Ikan 3 : Zhang et al. 1993

    Sepandai - pandainya tupai melompat sesekali jatuh juga, Sepandai - pandainya seseorang sekali waktu ada salahnya pula. 
    Semoga Bermanfaat



    reff : http://www.alamikan.com/2012/11/jarak-pandang-maksimum-mata-ikan.html


    Related video : Jarak Pandang Maksimum Mata Ikan


    Previous
    Next Post »