Larangan Impor Ikan Neogobius melanostomus

Neogobius melanostomus adalah ikan bertubuh kecil dengan warna abu-abu kecoklatan dengan bintik-bintik gelap lateral kecoklatan. Pada saat pemijahan dan penjagaan sarang, warna ikan jantan lebih hitam dengan bintik-bintik warna kuning pada tubuh dan siripnya. Ikan jenis ini memiliki ukuran kepala 22 - 23 % dari panjang total tubuhnya. Sirip punggung anterior memiliki 5 - 7 duri dan sirip dada 17 -20 duri. Ikan ini memiliki gigi posterior yang lebih kecil dibandingkan gigi anterior.

Ikan jenis Neogobius melanostomus termasuk jenis ikan yang tidak boleh diimpor dari luar negeri. Menurut Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor PER.17/MEN/2009 tentang Larangan Pemasukan Beberapa Jenis Ikan Berbahaya dari Luar Negeri ke Dalam Wilayah Negara Republik Indonesia, dan dari Global Invasive Species Database,ISSG (The Invasive Species Specialist Group).

Nama Ilmiah : Neogobius melanostomus
Nama Umum : black spotted goby, round goby.

Baca Juga : Larangan Impor Ikan Monopterus albus (belut)

Taksonomi Neogobius melanostomus
Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Actinopterygii
Ordo : Perciformes
Famili : Gobiidae
Genus : Neogobius

Habitat/Ekologi Neogobius melanostomus
Neogobius melanostomus adalah ikan air tawar yang dapat ditemukan juga di perairan pantai. Ikan jenis ini lebih menyukai habitat perairan berbatu yang memberikan tempat kepada mereka untuk bersembunyi. Selain itu mereka juga ditemukan di perairan dengan substrat kerikil halus dan substrat berpasir dengan membuat lubang untuk bersembunyi.

Penyebaran Daerah Asli Neogobius melanostomus
Armenia, Asia, Azerbaijan, Bulgaria, Georgia, Iran, Kazakhstan, Laut Tengah, Rumania, Federasi Rusia, Turki, Turkmenistan, Ukraine, Uzbekistan

Penyebaran Daerah Asing Neogobius melanostomus
Asia, Samudra Atlantik, Laut Baltik, Belarus, Kanada, Amerika Utara, Amerika Serikat (AS).

Baca Juga : Larangan Impor Ikan Morone Americana

Dampak Neogobius melanostomus
Dampak yang dapat ditimbulkan oleh ikan jenis ini adalah penurunan populasi suatu jenis ikan endemik dengan cara kompetisi dalam hal makanan dan berbagai sumber daya penting lainnya. Ikan ini juga memakan telur dan juga ikan-ikan kecil yang ada pada suatu habitat sehingga regenerasi dari suatu jenis ikan asli yang ada menjadi terhambat.

Baca Juga: Belajar Ekspor dan Impor Ikan Olahan atau Ikan Hidup

Sepandai - pandainya tupai melompat sesekali jatuh juga, Sepandai - pandainya seseorang sekali waktu ada salahnya pula
Semoga Bermanfaat


reff : http://www.alamikan.com/2014/12/larangan-impor-ikan-neogobius.html


Related video : Larangan Impor Ikan Neogobius melanostomus


Previous
Next Post »