Cara Memancing Ikan Sembilang dengan Mudah

Bagaimana cara memancing ikan sembilang yang benar? Ikan sembilang merupakan ikan muara yang termasuk dalam kelompok ikan berkumis (Siluriformes) pada famili Plotosidae. Di indonesia, terdapat 3 jenis ikan sembilang yang sering ditemukan yaitu ikan sembilang sungai, ikan sembilang karang, dan ikan gemang. Ikan ini mempunyai sirip ekor, sirip anus, dan sirip punggung kedua.

Habitat alami ikan sembilang terletak di tepi laut, perairan payau di muara sungai, serta perairan di dalam hutan bakau. Sama seperti ikan lele, ikan ini biasanya berdiam di perairan yang banyak mengandung lumpur. Ikan ini hidup secara berkelompok dengan gerombolan yang besar. Karakteristiknya yang rakus bisa dilihat dari kebiasaan ikan sembilang yang akan memangsa bahan makanan apapun di depannya.

memancing-ikan-sembilang.jpg

Ingin memancing ikan sembilang sendiri? Berikut ini kiat-kiatnya dari Tips Ikan :

Umpan Mancing

Karena ikan sembilang termasuk ikan omnivora yang sangat rakus, tidak dibutuhkan umpan yang khusus untuk menangkap ikan ini. Beberapa umpan mancing yang kami rekomendasikan antara lain udang, kepiting soka, daging kerang, dan cacing klelet. Untuk umpan udang, Anda bisa memberikannya dalam keadaan hidup atau pun sudah dikupas bagian cangkangnya.

Waktu Mancing

Memancing ikan sembilang paling pas dilakukan setelah turun hujan yang cukup deras. Pada waktu tersebut, kondisi air sungai di muara bakal keruh sehingga memicu ikan ini untuk bergerak aktif. Waktu lainnya yaitu ketika air pasang akan mengalami surut terutama di pagi hari. Pilih spot yang kira-kira menjadi sarang ikan sembilang seperti dermaga, akar tanaman, rumpon, karang, jembatan, dan lain-lain.

Teknik Mancing

Karena ikan sembilang biasanya berada di tepi sungai, Anda tidak perlu melempar kail sampai ke tengah. Rangkaian pancing yang dipakai biasanya terdiri atas 2-3 mata kail dengan menggunakan dasaran timah supaya posisi kail tetap stabil. Lemparkan hook ke lokasi yang dianggap banyak mengandung ikan sembilang di dalamnya. Hati-hati saat memegang ikan ini sebab patilnya mengandung racun yang bisa menyebabkan Anda mengalami panas dingin.



reff : http://tipsikan.blogspot.com/2016/06/cara-memancing-ikan-sembilang-dengan.html


Related video : Cara Memancing Ikan Sembilang dengan Mudah


Previous
Next Post »