Tips Jitu Memancing Ikan Patin di Sungai

Tidak diragukan lagi kalau memancing merupakan kegiatan yang dapat melepaskan kepenatan. Dari sekian banyak jenis ikan sungai, ikan patin kerap menjadi incaran para pemancing. Alasannya tidak hanya karena dagingnya yang terasa lezat, tetapi juga adanya sensasi sentakan tersendiri manakala umpan berhasil digondol oleh ikan ini.

Tak semudah yang terlihat, memancing ikan patin membutuhkan trik khusus. Jika hanya menerapkan teknik mancing yang umum, Anda bakal mengalami kesulitan untuk dapat menangkap ikan ini. Lantas, bagaimana sih caranya memancing ikan patin yang benar? Catat kiat-kiat di bawah ini!

tips-memancing-ikan-patin.jpg

Mulailah dengan membuat rangkaian pancingnya terlebih dahulu. Ikatkan pancing ke nikelin dengan jarak sekitar 5-7 cm. Berikutnya pasangkan nikelin tadi ke kili-kili yang sudah terhubung dengan senar utama. Setelah itu, masukkan juga timah sebagai pemberat ke senar utama. Ingat, di sini kita menggunakan timah yang berlubang di tengahnya sehingga timah tersebut bisa bergerak di senar utama dengan leluasa. Kemudian ikatlah senar utama ke kali-kali yang telah terpasangi mata kail.

Setelah proses pembuatan rangkaian pancing selesai, selanjutnya manfaatkan karet stoper yang dipasang sedemikian rupa di senar utama sebagai penahan sehingga timah pemberat tidak bergerak terlalu jauh dari kili-kili. Kami biasanya memasang karet stoper ini dengan jarak yang berkisar antara 5-7 cm dari kili-kili. Terakhir, saatnya untuk memasang umpan mancing yang sesuai untuk ikan patin di mata kail.

Cari lokasi yang tepat di sungai yang sekiranya banyak menyimpan ikan patin di dalamnya. Lemparkan umpan sejauh mungkin dan usahakan posisi senar berada di dalam satu garis lurus. Biarkan tali senar tetap kendor tanpa perlu menariknya supaya Anda bisa mengawasinya dengan lebih jelas melalui riak air yang timbul.

Kebiasaan ikan patin adalah tidak akan menggondol umpan dalam sekali lahap. Jadi kunci utama agar Anda sukses mengangkat ikan ini dari air adalah menyentak joran secepat mungkin ketika melihat umpan sudah dimakan. Jika terlambat, maka besar kemungkinan umpan tadi bakal dikeluarkan lagi oleh si ikan patin incaran Anda.

Tarikan pertama dari ikan patin biasanya akan terasa cukup lemah. Tetapi Anda jangan lengah terlebih dahulu karena semakin mendekati joran, kekuatan sentakan dari ikan ini akan terasa semakin kuat. Hati-hati juga terhadap sentakan mendadak yang dapat mengakibatkan tali senar terputus. Disarankan untuk menggunakan serokan ketika hendak mengangkat ikan patin dari permukaan air.



reff : http://tipsikan.blogspot.com/2016/03/tips-jitu-memancing-ikan-patin-di-sungai.html


Related video : Tips Jitu Memancing Ikan Patin di Sungai


Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
Unknown
AUTHOR
August 6, 2018 at 8:12 PM delete

terimakasih infonya

https://tokoaquatic.com

Reply
avatar
May 30, 2019 at 8:44 PM delete

nice infonya gan,..
.
.
untuk yang butuh essen dan umpan silahkan kunjungi | Tokoumpan.com

Reply
avatar