Jenis-jenis Ikan Lele di Indonesia

Apa sajakah jenis-jenis ikan lele yang ada di Indonesia? Ikan lele (Clarias sp) adalah ikan air tawar yang biasa dibudidayakan untuk keperluan konsumsi. Ikan ini tergolong ke dalam ikan-kucing karena mempunyai kumis di kedua wajahnya. Di beberapa daerah, ikan lele juga dikenal dengan sebutan ikan kalang, ikan maut, ikan sibakut, ikan pintet, ikan keling, dan ikan lindi.

Ikan lele secara alami tinggal di lingkungan perairan tawar yang memiliki arus tenang hingga sedang seperti sungai, danau, telaga, waduk, dan rawa-rawa. Ikan ini aktif bergerak mencari makanan pada malam hari dan cenderung akan berlindung saat siang harinya. Alat pernafasan ikan lele ialah arborescent yang berupa modifikasi dari busur insangnya. Ikan lele mempunyai bentuk tubuh yang panjang dan agak membulat, terdapat patil di sirip dadanya, berwarna belang, licin karena tidak bersisik, dan mempunyai kumis.

jenis-ikan-lele-indonesia.jpg

Di Indonesia, sedikitnya ada 4 jenis ikan lele yang biasa dikembangbiakan oleh para petani lokal. Apa sajakah itu?

1. Ikan Lele Lokal

Ikan lele lokal (Clarias batrachus) ialah spesies ikan lele asli dari Indonesia. Ikan ini mempunyai tubuh yang berukuran cukup kecil sehingga daging yang dimilikinya pun tidak terlalu banyak. Oleh karena itu, ikan ini kurang diminati untuk dibudidayakan sebagai ikan konsumsi, melainkan sebatas ikan hias. Kendati demikian, banyak para penggemar ikan lele yang mengklaim kalau rasa daging ikan lele lokal yang paling gurih.

2. Ikan Lele Dumbo

Ikan lele dumbo (Clarias gariepinus) merupakan ikan lele asal Taiwan yang diintroduksikan ke Indonesia tepatnya pada tahun 1986. Ikan lele jenis ini disukai oleh para petani karena tingkat pertumbuhannya terbilang cepat sehingga untuk mencapai bobot tubuh yang ideal memerlukan waktu yang lebih singkat. Lele dumbo juga memiliki ukuran yang lebih jumbo dibandingkan dengan lele lokal. Menurut BPPAT (Balai Penelitian Perikanan Air Tawar), ikan lele dumbo merupakan ikan hasil perkawinan silang antara ikan lele dari Taiwan dan Afrika.

3. Ikan Lele Sangkuriang

Ikan lele sangkuriang adalah jenis ikan lele hasil perbaikan genetika dari ikan lele dumbo melalui proses perkawinan silang-balik (backcross). Proses persilangan ini mempertemukan antara jantan F 2-6 dengan betina F 2. Adapun ikan lele sangkuriang merupakan ikan lele yang paling diminati oleh para pembudidaya saat ini sebab menawarkan keuntungan yang lebih besar.

4. Ikan Lele Phyton

Ikan lele phyton adalah hasil dari perkawinan silang antara ikan lele betina dari Thailand dan ikan lele jantan dari jenis dumbo F-6. Ciri-ciri ikan ini yaitu mempunyai kepala yang berbentuk menyerupai ular phyton, bermulut kecil, kepalanya pipih memanjang, dan warnanya cerah. Jenis ikan lele phyton ini juga memiliki ekor yang membulat dengan kumis yang berukuran lebih panjang.



reff : http://tipsikan.blogspot.com/2016/02/jenis-jenis-ikan-lele-di-indonesia.html


Related video : Jenis-jenis Ikan Lele di Indonesia


Previous
Next Post »