Ini Dia 3 Ciri Khusus Ikan Buntal

Apa sajakah ciri khusus yang dimiliki oleh ikan buntal? Ikan buntal (Tetraodontidae) merupakan salah satu famili dari ikan yang berhabitat di muara dan laut. Sepintas ikan ini mempunyai rupa yang mirip seperti ikan landak. Bedanya, ikan buntal dilengkapi dengan tulang belakang yang tipis dan tersembunyi. Itulah kenapa ikan ini bisa menggelembungkan badannya sendiri.

Sudah menjadi rahasia umum kalau ikan buntal disebut-sebut sebagai vertebrata paling beracun di dunia setelah katak racun emas. Ikan ini mempunyai racun yang mematikan di duri serta kulitnya. Dan bagian yang paling beracun dari ikan ini terdapat di dalam hatinya.

ciri-khas-ikan-buntal.jpg

Saat ini, setidaknya ada sekitar 121 spesies ikan buntal yang terbagi ke dalam 20 genera yang tersebar di seluruh belahan dunia. Ikan ini umumnya bertempat tinggal di lingkungan perairan tropis, jarang di perairan subtropis, dan tidak ada di perairan dingin. Ikan buntal cenderung mempunyai tubuh yang berukuran kecil hingga sedang, walaupun beberapa spesies ada pula yang panjangnya mencapai 1 meter.

Di bawah ini ciri-ciri khusus dari ikan buntal, antara lain :

1. Dapat Menggelembungkan Diri

Ciri khusus yang dimiliki oleh ikan buntal dan tidak mampu dilakukan oleh ikan-ikan yang lainnya adalah dapat menggelembungkan diri. Tujuannya yaitu untuk menakuti-nakuti musuhnya lewat posturnya yang bertambah besar dan diselubungi oleh duri-duri yang mengerikan. Kenapa ikan buntal bisa menggelembung? Hal ini terjadi lantaran ikan ini mempunyai kulit yang sangat elastis, tidak memiliki tulang rusuk, dan tulang belakangnya juga bisa melengkung seperti busur. Jadi ketika ia memasukkan air ke dalam tubuhnya, maka ukurannya pun akan membesar sampai 2-3 kali lipat dari postur normal.

2. Diselubungi oleh Duri Beracun

Salah satu karakteristik ikan buntal secara morfologi yaitu memiliki tubuh yang diselubungi oleh duri, terutama bagian punggungnya. Bahkan duri ikan ini juga mengandung racun yang sangat mematikan. Reaksi dari racun ikan buntal ini mirip sianida yang bisa mengakibatkan korbannya kekurangan oksigen dan mengalami sesak pernapasan.

3. Merupakan Ikan Karnivora

Ikan buntal termasuk salah satu binatang karnivora. Artinya, ikan ini hanya memakan daging dari hewan-hewan yang berukuran lebih kecil saja. Biasanya ikan buntal senang memangsa ikan-ikan kecil, cacing-cacingan, siput, dan udang.



reff : http://tipsikan.blogspot.com/2016/02/ini-dia-3-ciri-khusus-ikan-buntal.html


Related video : Ini Dia 3 Ciri Khusus Ikan Buntal


Previous
Next Post »