Hasil Pertemuan Lintas Sektor di Makassar, diselenggarakan oleh Bakorluh Sulsel

RUMUSAN HASIL PERTEMUAN
KOORDINASI PELAKSANAAN KEGIATAN
LINTASSEKTORPERTANIAN, PERIKANAN
DAN KEHUTANANTA. 2014
Quality Plaza Hotel Makassar, 17 s/d 19 Juni 2014


Puji syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas berkah dan Rahmat-Nya, sehingga pada hari ini tanggal 19 Junil 2014 di Quality Plaza Hotel Makassar, telah disusun rumusan hasil pertemuan ?Koordinasi Pelaksanaan Kegiatan Lintas Sektor Pertanian, Perikanan dan Kehutanan TA. 2014?, yang dilaksanakan selama 3 (tiga) hari sejak tanggal 17 s/d 19 Juni 2014.

Pertemuan ?Koordinasi Pelaksanaan Kegiatan Lintas Sektor Pertanian, Perikanan dan Kehutanan? dihadiri oleh para Kepala Badan/Dinas lingkup Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kab/kota, Kepala Badan/dinas/Kantor yang menangani Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan, Koordinator penyuluh Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kab/Kota, dan perwakilan Balai Penyuluhan Tingkat Kecamatan se Kab/kota, dengan jumlah peserta 117 orang dari 144 orang yang diundang dalam pertemuan. Pertemuan ini juga dihadiri Pejabat Struktural lingkup Kementerian Pertanian, Kelautan dan Perikanan, serta Kehutanan beserta Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian terkait yang berada di Sulawesi Selatan (selaku narasumber).

Disamping sebagai upaya peningkatan kinerja penyuluhan pertanian, perikanan dan kehutanan, pertemuan ini juga dimaksudkan untuk mengsinergikan pelaksanaan Program/kegiatan penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan, sebagai upaya dalam menyeragamkan dan memadukan implementasi program/kegiatan mulai dari tingkat kementerian hingga di tingkat Kab/kota, terutama yang membutuhkandukungan tenaga penyuluh pertanian, perikanan dan kehutanan.

Rumusan hasil pertemuan ?Koordinasi Pelaksanaan Kegiatan Lintas Sektor Pertanian, Perikanan dan Kehutanan? terdiri atas 4 aspek yakni aspek Ketenagaan, aspek Kelembagaan, Aspek Penyelenggaraan dan Aspek Pembiayaan. Isi rumusan adalah kesimpulan hasil diskusi yang mencakup pertanyaan, masukan-masukan, dan ide-ide kreatif dari peserta pertemuan. dan setelah mendengarkan materi pertemuan yang disampaikan oleh narasumber yang terdiri dari : Wakil Gubernur Sulawesi Selatan; Kepala Sekretariat Bakorluh Provinsi Sulawesi Selatan; Kepala BPPSDMP Kementerian Pertanian; Kepala BPSDMKP kementerian Kelautan dan Perikanan; Kelapa BPPSDMK Kementerian Kehutanan; Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian; Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian; Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian; Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian; Dirjen Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan; Dirjen BUK Kementerian Kehutanan; Kepala BPTP Sudiang; Kepala Balai Litbang KP Provinsi Sulawesi Selatan; Kepala Balai Penelitian Kehutanan Provinsi Sulawesi Selatan

Adapun hasil rumusan sebagai berikut :

1. Aspek Ketenagaan

? Penyuluh Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan, siap mendukung penuh program/kegiatan prioritas pemerintah dalam rangka peningkatan produksi usaha pertanian, perikanan dan kehutanan serta pencapaian kesejahteraan masyarakat pelaku utama.
? Membangun komitmen untuk mengoptimalkan peran strategis penyuluh Pertanian, Perikanan dan kehutanan dalam membina pelaku utama dan pelaku usaha untuk meningkatkan produksi dan manajemen usahanya.
? Mengupayakan Peningkatan kompetensi penyuluh pertanian, perikanan, dan kehutanan melalui pendidikan dan pelatihan baik diklat fungsional maupun diklat teknis.
? Rekruitmen tenaga penyuluh sebagai upaya memenuhi kebutuhan tenaga penyuluh untuk difasilitasi oleh pemerintah daerah kab/kota masing-masing.

2. Aspek Kelembagaan

? Perlunya dukungan terhadap Peningkatan peran Balai Penyuluhan di tingkat Kecamatan dalam pembinaan pelaku utama yang berada dalam wilayah kerjanya. Dukungan dapat berupa fasilitasi kegiatan penyuluhan hingga kepada fasilitasipendukung operasional penyuluhan.
? Membangun sinergi antar lembaga penyuluhan dan lembaga teknis terkait pelaksanaan program/kegiatan pertanian, perikanan dan kehutanan, dengan memfokuskan keterlibatan tenaga penyuluh sebagai pendamping program/kegiatan.


3. Aspek Penyelenggaraan
? Membangun system kerja antara lembaga penyuluhan, lembaga teknis, lembaga penelitian dan pengembangan, perguruan tinggi, penyuluh dan peneliti, dalam rangka mendukung program/kegiatan prioritas pemerintah.
? Hasil Diseminasi /penelitian untuk dapat ditindaklanjuti melalui sosialisasi, penerapan teknologi dan percontohan teknologi, yang dalam hal ini untuk disampaikan ke tingkat kab/kota terutama teknologi spesifik lokasi
? Sinergitas pelaksanaan Inovasi teknologi antara pihak Litbang Pertanian, Perikanan dan Kehutanan dengan pemerintah daerah, terutama terkait pada pelaksanaan kegiatan yang dtempatkan pada wilayah kerja kab/kota, agar dapat terbangunnya sistem kerja yang baik dan saling mendukung program/kegiatan inovasi/penelitian dimaksud.
? Fokus kegiatan tidak hanya pada implementasi peningkatan komoditi unggulan yang diprogramkan, namun juga difokuskan pada komoditi-komoditi lokal yang memiliki peluang usaha untuk dikembangkan.
? Program-program pemberdayaan pelaku utama agar juga difokuskan pada wilayah-wilayah yang kurang atau bahkan tidak memiliki potensi komoditi pertanian, perikanan dan kehutanan, terutama wilayah yang tidak memiliki potensi pangan.
? Perlunya sosialisasi melalui kegiatan penyuluhan terhadap upaya pemanfataan pekarangan rumah dalam pemenuhan pangan keluarga.

4. Aspek Pembiayaan

? Terkait peningkatan kinerja penyuluh, diharapkan untuk adanya dukungan fasilitas dan perbaikan pendapatan bagi penyuluh.
? Perlunya pembiayaan dalam mendukung kegiatan promosi komoditi pangan lokal, sebagai upaya untuk membangun pasar bagi pelaku utama pertanian, perikanan dan kehutanan.
? Perlunya pembiayaan bagi tenaga operator cyber extension.


Demikianlah rumusan hasil pertemuan untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan untuk mewujudkan optimalisasi penyelenggaraan penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan. Semoga bernilai ibadah dan bermanfaat bagi kita semua, amin. (Rachmady Azis_anggota Tim Perumus)


reff : http://rachmadyazis.blogspot.com/2014/07/hasil-pertemuan-lintas-sektor-di.html


Related video : Hasil Pertemuan Lintas Sektor di Makassar, diselenggarakan oleh Bakorluh Sulsel


Previous
Next Post »