Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan menggelar Seaweed International Business Forum and Exhibition (SEABFEX)

SEABFEX III DIGELAR DI SURABAYA 14 JULI 2010
Jakarta, 12/7/2010 (Kominfo-Newsroom) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan menggelar Seaweed International Business Forum and Exhibition (SEABFEX) III di Hotel Sheraton and Tower Surabaya pada 14-17 Juli 2010.
"Acara ini akan dibuka oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, agendanya antara lain digelarnya trilateral meeting antara Indonesia Seaweed Commission (ISC), Seaweed Industry of The Philippines (SIAP), dan Malaysia Seaweed Association (MSA),? kata Deputy Director For Bussiness and Investment Information Kementrian Kelautan dan Perikanan, Any Kustantiny di Jakarta, Senin (12/7).
Acara tersebut digelar untuk mempertemukan para pelaku usaha rumput laut dunia dan mengundang para investor baru untuk mau berinvestasi dalam sektor rumput laut di Indonesia. Saat ini sekitar 80 persen produksi rumput lau Indonesia masih diekspor dalam bentuk rumput laut kering.
Melalui SEABFEX III ini diharapkan nilai tambah pengolahan rumput laut di Indonesia bisa meningkat melalui tumbuhnya industri pengolahan rumput laut yang baru, kata Any, yang juga menjadi Ketua Panitia SEABFEX III.
SEABFEX ditargetkan dapat menyedot sedikitnya 400 orang peserta. Hingga saat ini sudah terdaftar sebanyak 350 orang dari Indonesia, Filipina, Korea, China, Malaysia, Perancis, India, Jerman, Kanada, Hongkong, Chili, Jepang, dan Nigeria.
"Indonesia merupakan salah satu pemasok terbesar rumput laut di dunia. Karena itu banyak pabrik pengolahan rumput laut di Eropa dan China produksinya sangat terpengaruh dari produksi rumput laut Indonesia,? katanya.
Indonesia memiliki keunggulan untuk menjadi komoditas pilihan karena besarnya potensi wilayah untuk pengembangan rumput laut, rumput laut mudah dibudidayakan, melibatkan pelaku usaha perikanan rumah tangga sehingga kecendrungannya bersifat padat karya dan dilakukan dalam kawasan yang luas, dan permintaan pasarnya pun cukup tinggi.
Berdasarkan data statistik Kementrian Kelautan dan Perikanan, total produksi rumput laut tahun 2008 sekitar 2.145.060 ton, dengan volume nilai ekspor pada 2008 sebesar 102.415,93 ton dengan nilai US$ 124,36 juta. (Jul/Gro/toeb)
Sumber: http://www.bipnewsroom.info/


reff : http://perikanannews.blogspot.com/2010/08/kementerian-kelautan-dan-perikanan-kkp.html


Related video : Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan menggelar Seaweed International Business Forum and Exhibition (SEABFEX)


Previous
Next Post »