Sistem sceleton Struktur Anatomi Tubuh Ikan

Anatomi Tubuh Ikan 
C. Sistem Sceleton

Sistem skeleton  adalah Rangka yang terdapat pada ikan fungsinya sama seperti pada hewan vertebrata lainya, yaitu untuk menegakkan tubuh, melindungi organya dan juga berfungsi dalam pembentukan butir dalam darah merah. Pada beberapa jenis ikan modifikasi tulang penyokong sirip menjadi penyalur sperma ke dalam saluran reproduksi ikan betina, secara tidak langsung rangka menentukan bentuk tubuh yang sangat beraneka ragam (Alam Ikan 2).

Bentuk tubuh ini merupakan interaksi antara sistem rangka dengan sistem otot serta evaluasi lingkungan. Rangka menjadi penegak tubuh, ada yang terdiri dari tulang rawan saja. Seluruh rngka ikan elasmobranchia terdiri dari tulang rawan, sedangkan kan teleostei terdiri dari tulang sejati yang permulaaya dibentuk melalui tahap tulang rawa kemudian matrinya menjadi tulang sejati dalam bentuk-bentuk yang khusus melalui proses osifikasi (Alam Ikan 3).
Digestoria, muscularia, sceleton, circulatoria, respiratoria, urogenitalia, organon visus, nerverum

Menurut (Alam Ikan 2), rangka pada ikan dibedakan menjadi tiga bagian yaitu:

  1. Rangka axsial, yang terdiri dari tulang tengkorak, tulang punggung rusuk. Secara umum perkembangan embrionik tengkorak ikan menjadi 3 sumber yaitu chondrocranium, dermocranium, dan splanchocranium. Chondrocranium adalah pembungkus otak yang pada mulanya berasal dari tulang rawan (elemen chondral), sebagai tulang tambahan dari chondrocranium ialah tulang tengkorak yang asalnya dibuat dari sisik yang berfungsi dalam dermis atau corium kulit (dermocranium), kemudian bersatu dengan chondracranium sebagai bagian dari tengkorak. Splanchochoncranium adalah tulang-tulang tengkorak yang berasal dari visceral (tulang penyokong lengkung ingsang) dan kebanyakan akan menjai tulang tipis pada tengkorak.
  2. Rangka visceral, yaitu meliputi lengkung ingsang dan derivatnya, yang terdiri dari tujuh tulang lengkung ingsang. Dua lengkung ingsang yang pertama menjadi bagian dari tulang tengkorak dan lima bagian lain berfungsi sebagi penyokong tulang ingsang.
  3. Rangka apendicular, yaotu sirip dan pelekat-pelekatnya. Pada ikan terdiri dari lima macam sirip, diantaranya sirip tunggal (sirip punggung, sirip ekor, dan sirip dubur),dan sirip berpasangan (sirip perut dan sirip dada). Sirip punggung terdapat pada ikan kelas chondrichyes, yang disokong oleh keping-keping tulang rawan yang dinamakan rawan basal terletak di bawah pada cucuk neural, dan rawan radial yang terletak diraan basal menunjang jari-jari keras. Sirip dada chondrichtyes disokong oleh tulang gelang bahu (pectoral girdle) yang kuat dinamakan coracoscapula (Alam Ikan 1). 
Sistem skeleton merupakan sistem tulang rangka.  Secara embriologi, tulang punggung berkembang dari scerotome yang terdapat di sekeliling notochorda dan batang saraf.   

Tulang punggung di daerah badan (abdominal) dibentuk bersamaan dengan tulang di daerah ekor (caudal).  

Tiap ruas tulang di daerah badan dilengkapi oleh sepasang tulang rusuk  (pleural rib) kiri dan kanan yang berfungsi untuk melindungi organ-organ yang ada di dalam rongga badan.  

Pada batang ekor bagian bawah terdapat satu cucuk hemal (hemal spine) dan pada bagian atas terdapat cucuk neural (neural spine) (Alam Ikan 1).  

Dibawah ini adalah artikel lanjutan struktur anatomi tubuh ikan
A. Sistem digestoria 
B. Sistem muscularia
C. Sistem sceleton
D. Sistem circulatoria
E. Sistem respiratoria
F. Sistem urogenitalia
g. Organon Visus
h. Sistem nerverum

Explanation :
Alam Ikan 1 : Rahardjo, 1985
Alam Ikan 2 : Saanin, 1986
Alam Ikan 3 : Dhuhanda, 1981

Sepandai - pandainya tupai melompat sesekali jatuh juga, Sepandai - pandainya seseorang sekali waktu ada salahnya pula. 
Semoga Bermanfaat


reff : http://www.alamikan.com/2012/11/struktur-anatomi-tubuh-ikan-sistem_86.html


Related video : Sistem sceleton Struktur Anatomi Tubuh Ikan


First