Alat Bantu Navigasi Laut

Pengertian Navigasi
Kenavigasian adalah kegiatan yang meliputi segala sesuatu yang berkaitan dengan sarana bantu navigasi pelayaran, telekomunikasi pelayaran, hidrografi, alur dan perlintasan, pemanduan, penanganan kerangka kapal, salvage, dan pekerjaan bawah air, untuk kepentingan keselamatan pelayaran (Alam Ikan 3).

Menurut (Alam Ikan 1), istilah Navigasi berasal dari bahasa latin Navis (= kapal / kendaraan / vehicle) dan Agere (= mengarahkan / menjalankan / membawa). Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (Balai Pustaka) navigasi diartikan sebagai:
1. Ilmu tentang cara menjalankan kapal laut atau kapal terbang;
2. Tindakan menetapkan haluan kapal atau arah terbang; dan
3. Pelayaran atau penerbangan.
Dalam buku Dutton?s Navigation and Ploting, navigasi didefinisikan: The process of directing the movement of vehicle from a point to another. The vehicle can be surface craft or ship, a submarine, an air craft or space craft, yang artinya Ilmu pelayaran adalah suatu seni mengarahkan suatu  rakit atau kapal, dari tempat ke lain dengan aman dan efisien Sedangkan menurut Nathaniel Bowditch dalam bukunya American Practical 

Navigator dikatakan bahwa: Navigation is an art of directing a vihicle o rcraft or vessel, from place to another safely and efficiently yang artinya proses mengarahkan bergeraknya kapal dari suatu titik ke titik yang lain. Vehicle dapat berupa perahu / kapal permukaan, kapal selam, kapal udara (pesawat terbang).
Berdasarkan devinisi-devinisi tersebut di atas, untuk digunakan semuanya boleh jadi akan menimbulkan kerancuan. Oleh karena itu, agar dapat dipakai sebagai panduan awal dalam belajar mata kuliah Navigasi, devinisi yang akan digunakan selanjutnya yaitu bahwa navigasi adalah ilmu atau seni untuk melayarkan / membawa / mengarahkan kapal (laut) dari suatu tempat ke tempat lain secara aman / selamat dan efisien (Alam Ikan 1).



Baca Juga : Substrat dasar Perairan? Apa artinya


Menurut (Alam Ikan 2), tujuan dari ilmu pelayaran atau navigasi antara lain:

  1. Menentukan tempat kedudukan (posisi) kapal, di mana kapal berada di permukaan bumi;
  2. Mempelajari serta menempatkan rute jalan yang harus ditempuh agar kapal dengan aman, cepat, selamat dan efisien sampai tujuan;
  3. Menentukan haluan antara tempat tolak dan tempat tiba yang diketahui sehingga jauhnya jarak dapat ditentukan juga; dan
  4. Menentukan tempat tiba bilamana titik tolak, haluan dan jauh diketahui.
Menurut (Alam Ikan 2), secara garis besar navigasi dapat dibagi menjadi tiga macam:
1. Navigasi datar (Terrestrial Navigation)

  • Ilmu pelayaran yang menggunakan benda-benda bumiawi, misalnya: gunung, tanjung, suar, dan sebagainya untuk sebagai pedoman atau dimana penentuan posisi kapal pada peta laut ditentukan berdasarkan penilikan-penilikan terhadap benda-benda bumiawi tersebut.
2. Navigasi Astronomis (Astronomical Navigation)
  • Ilmu pelayaran yang menggunakan benda-benda angkasa sebagai pedoman pelaksanaan atau dimana penentuan posisi kapal padda peta laut ditentukan berdasarkan penilikan benda-benda angkasa, misalnya: bintang, bulan, matahari, sayarat.
3. Navigasi Elektronik (Electronic Navigation)
  • Ilmu pelayaran yang menggunakan alat-alat elektronika sebagi pedoman pelaksanaan. Dimanan penentuan posisi kapal pada peta laut ditentukan berdasarkan penilikan-penilikan dengan menggunakan alat-alat elektronika, misalnya: RADAR, OMEGA, DECCA, CONSUL, radio dan satelit.
Menurut (Alam Ikan 1), ditinjau dari cara dan alat yang digunakan, navigasi dibedakan menjadi dua bagian yaitu:
  1. Navigasi Konvensional, yaitu bernavigasi dengan menggunakan alat-alat yang konvensional seperti: pedoman, alat / pesawat baring, topdal, perum, sextant dan kronometer. Konvensional menurut SOLAS 1974, diartikan sebagai alat yang tidak menggunakan kelistrikan kapal, sehingga apabila listrik kapal padam, alat tersebut masih dapat digunakan secara normal.
  2. Navigasi Elektronika (Modern), yaitu bernavigasi dengan menggunakan peralatan-peralatan elektronik seperti: LORAN, DECCA, RADAR, Radio Penentu Arah (Radio Direction Finder / RDF), GPS (Global Positioning System).
Hal Lain Yang berhubungan dengan Navigasi
  1. Peta laut dan Penerbitan navigasi
  2. Suar
  3. Fish finder
  4. Echo sounder
  5. RADAR
  6. SONAR
  7. GPS
Explanation :
Alam Ikan 1 : Supriyono, 2005
Alam Ikan 2 : Suwiyadi, 2000
Alam Ikan 3 : Djunarsjah, 2005

Sepandai - pandainya tupai melompat sesekali jatuh juga, Sepandai - pandainya seseorang sekali waktu ada salahnya pula. 
Semoga Bermanfaat


reff : http://www.alamikan.com/2012/11/mengetahui-tentang-navigasi-laut.html


Related video : Alat Bantu Navigasi Laut


Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
April 10, 2019 at 10:00 PM delete

Kepada Yth,
Up : Bapak / Ibu
Purchasing / Div.Import / Logistics Dept.

Di Tempat,
Perkenalkan kami dari PT.MEGATON SAMUDERA ASIA Freight Forwarder yang melayani pengiriman barang import, LCL / FCL, resmi / legal serta peminjaman Perusahaan / Undername ke seluruh Indonesia dan Kami mempunyai Agent-Agent di Eropa dan Asia sehingga kami bisa mengerjakan import borongan dan resmi dengan harga Ex-Work , FOB, C&F Dan CIF.

PT.MEGATON SAMUDERA ASIA kami bisa menangani impor barang-barang sabegai berikut :
Mesin Baru/Bekas, Alat Berat, Besi/Baja, Pompa, Genset, Mainan, Alat Kesehatan ( ALKES ), Electronics, Spare Part, Textile, Garment, Alas kaki, Accessories, Keramik Ubin, Chemical, Makanan dan barang Cargo lainnya.

Adapun Produk-Produk jasa yang kami tawarkan via laut dan udara Sbb :

Jasa Customs clearance Laut & Udara

Jasa Import Borongan Under Name ( All-In )

Jasa Import Ex-work langsung

Jasa Import Under Name

Jasa Import Door To door service

Jasa Domestics Darat, Laut Dan Udara

Demikianlah penawaran ini kami ajukan,besar harapan kami bisa kerja sama dengan perusahaan Bapak/Ibu dan atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.



Jasman

Executive Import

Mobile : 0812 8785 700/Wa

Email : jasman.import@gmail.com

mkt1@msalogistics.co.id

Web : http://www.jasaexportimportjakartaa.com/


Head Office:

PT.MEGATON SAMUDERA ASIA

International Freight Forwading

Gedung Pembina Graha

Jl. D.I Panjaitan No.45 Rawa Bunga Jatinegara – Jakarta Timur 13350

Telp : 021-8591 7799

Fax : 021-8591 7799

Reply
avatar