Gading - Gading Kapal Perikanan

Cara Penyambungan Gading-gading
Gading-gading merupakan struktur rangka dari kapal  yang menguatkan bagian lambung kapal dan membentuk badan kapal. Menurut (Alam Ikan 1), gading-gading biasa disebut frame. Dengan demikian, maka gading-gading harus  kuat dan sambungannya harus minim atau lebih baik lagi jika tanpa sambungan agar diperoleh kekuatan yang besar.

Menurut (Alam Ikan 2) menjelaskan bahwa sistem konstruksi dengan kayu tanpa sambungan akan memberikan beban konstruksi yang merata.  Hal tersebut menjadikan badan kapal secara keseluruhan menjadi lebih kuat dan gading-gading sebagai rangka kapal berfungsi dengan baik.  Selain itu, dapat menghindari kelemahan-kelemahan sifat kayu yang (non- arah).  Sedangkan sistem konstruksi gading-gading kapal yang menggunakan kayu sambungan akan menimbulkan kelemahan akibat lubang baut dan mengurangi luas penampang.

Baca Juga : Jenis Kapal dan Bentuk Kapal

Nama gading-gading disesuaikan menurut tempatnya. Gading-gading yang terletak sekitar haluan disebut gading haluan. Gading yang terletak pada tempat yang terlebar dari kapal disebut gading besar dan gading yang terletak di sarung poros baling-baling disebut gading kancing.  Jumlah gading-gading disesuaikan dengan ukuran kapal dan diberi nomor urut mulai nol yang dimulai dari belakang. 

Gading-gading kapal dibuat dari kayu yang melengkung secara alami. Hal ini akan memperkuat konstruksi kapal karena arah serat kayu tidak ada yang berpotongan.  Kayu yang digunakan pada pembuatan gading-gading berasal dari pohon yang belum cukup tua.  Pohon ini memiliki kandungan kayu juvenil yang cukup besar.  (Alam Ikan 3) menjelaskan bahwa apabila suatu sortimen mengandung kayu juvenil yang bercampur dengan kayu dewasa, maka sortimen tersebut akan mengalami pelengkungan setelah kering.   

Gading-gading berfungsi untuk menghubungkan papan lambung satu dengan yang lainnya dan memperkuat papan lambung pada arah melintang yaitu bersama-sama dengan papan lambung menahan tekanan air dari luar dan dari muatan palka.  Gading-gading dapat terdiri dari satu bagian yang disebut gading tunggal dan dapat juga terdiri dari dua bagian yang menempel, disebut gadinggading ganda.  Antar gading kiri dan kanan disatukan di bagian bawah dengan menggunakan  wrang.   Wrang  disambung dengan gading-gading dan lunas menggunakan baut. Konstruksi gading-gading dan wrangkapal kayu dapat dilihat seperti gambar di bawah ini:

 Gambar Gading dan Wrang




Gambar Kontruksi gading ?gading.a) Haluan, b) midship, c) buritan

Baca Juga : Koefisien Bentuk Kapal dan Mesinnya

Explanation :
Alam Ikan 1 : Soegiono, 2006
Alam Ikan 2 : Pasaribu, 1987
Alam Ikan 3 : Hadikusumo, 2000

Sepandai - pandainya tupai melompat sesekali jatuh juga, Sepandai - pandainya seseorang sekali waktu ada salahnya pula. 
Semoga Bermanfaat


reff : http://www.alamikan.com/2014/12/gading-gading-kapal-perikanan.html


Related video : Gading - Gading Kapal Perikanan


Previous
Next Post »