Mengetahui Oksigen terlarut (Dissolved Oxygen)

Tentang Oksigen terlarut (Dissolved Oxygen)
Oksigen terlarut (Dissolved Oxygen) dapat berasal dari proses fotosintesis tanaman air, dimana jumlahnya tidak tetap, tergantung dari jumlah tanamannya dan atmosfer (udara) yang masuk ke dalam air sungai dengan kecepatan terbatas. Konsentrasi oksigen terlarut dalam keadaan jenuh bervariasi tergantung dari suhu dan tekanan (atm). Pada suhu 20?C dengan tekanan 1 atm konsentrasi oksigen terlarut dalam keadaan jenuh adalah 9,2 ppm, sedangkan pada suhu 50?C tingkat kejenuhannya hanya 5,6 ppm. 

Semakin tinggi suhu air, semakin rendah tingkat kejenuhan. Konsentrasi yang terlalu rendah mengakibatkan ikan dan binatang yang membutuhkan oksigen akan mati. Sebaliknya jika konsentrasi terlalu tinggi mengakibatkan proses pengkaratan makin cepat karena  oksigen akan mengikat hydrogen yang melapisi permukaan logam. Air sungai dikategorikan sebagai air terpolusi jika konsentrasi oksigen terlarut menurun dibawah batas yang dibutuhkan untuk kehidupan biota (Alam Ikan 1).

Penyebab berkurangnya oksigen terlarut dalam air sungai adalah adanya bahan buangan yang mengkonsumsi oksigen, misalnya kotoran hewan/manusia, tanaman mati, sampah organik, pabrik industri pengalengan dan sebagainya. Uji terhadap bahan-bahan buangan tersebut penting dilakukan untuk mengetahui tingkat polusi air. Untuk mengetahui adanya polutan dapat dilakukan dengan dua cara yaitu, BOD (Biochemical Oxygen Demand) dan COD (Chemical Oxygen Demand). 

BOD menunjukkan jumlah oksigen terlarut yang dibutuhkan oleh organisme hidup untuk memecah atau mengoksidasi bahan-bahan buangan tersebut. Jika konsumsi oksigen tinggi yang ditunjukkan dengan makin kecilnya oksigen terlarut, maka berarti kandungan bahan buangan yang membutuhkan oksigen tinggi. Sedangkan COD mengukur jumlah oksigen yang dibutuhkan untuk mengoksidasi bahan-bahan buangan tersebut melalui reaksi kimia  (Alam Ikan 1).

Hal Lain Yang berhubungan dengan Ekologi Perairan
  1. Temperatur
  2. Kedalaman
  3. Kecerahan
  4. Substrat Perairan
  5. Oksigen terlarut (Dissolved Oxygen)
  6. Karbondioksida
  7. Derajat Keasaman (pH)
  8. Salinitas
  9. Alkalinitas
  10. Klasifikasi Salinitas
  11. Ekosistem Muara
  12. Ekosistem Sungai
  13. Tingkah Laku Organisme Sungai
  14. Ekosistem Pantai
    Explanation :
    Alam Ikan 1 : Fardiaz, 1992

    Sepandai - pandainya tupai melompat sesekali jatuh juga, Sepandai - pandainya seseorang sekali waktu ada salahnya pula. 
    Semoga Bermanfaat


    reff : http://www.alamikan.com/2012/11/mengetahui-oksigen-terlarut-dissolved.html


    Related video : Mengetahui Oksigen terlarut (Dissolved Oxygen)


    Previous
    Next Post »