Teknik Mancing Udang Lobster Air Tawar

Sebuah kebanggan tersendiri manakala kita berhasil mancing udang lobster air tawar lantaran target ini kerap menjadi primadona di lokasi pemancingan. Biasanya udang lobster memang senang hidup di perairan sungai yang besar dengan arus cukup tenang. Waktu yang paling ideal untuk mendapatkan target tersebut sekitar awal November hingga akhir Maret mengingat populasi udang sedang berada dalam masa puncaknya. Namun di daerah yang masih bagus, udang lobster ini umumnya dapat dijumpai dengan mudah sepanjang tahun.

Memang mengasyikkan sekali ya pada saat memancing udang lobster di lingkungan perairan tawar. Selain karena harganya yang mahal, citarasa daging udang jenis ini sangatlah lezat. Apalagi untuk dapat memancingnya, Anda juga peru teknik tersendiri yang berbeda dari cara memancing ikan pada umumnya.

teknik-memancing-udang-lobster.jpg

Apakah Anda juga tertarik untuk memancing udang lobster? Yuk ikuti kiat-kiatnya!

1. Penentuan Lokasi yang Pas

Kebanyakan udang lobster tinggal di dalam ceruk-ceruk sungai yang berarus lemah, dan kurang suka berada di perairan yang berarus deras maupun tidak berarus. Mereka juga sangat menyukai hidup di sungai yang kondisinya tidak begitu dalam sekitar 1-3 meter, serta banyak ditumbuhi rumpun atau akar-akaran. Beberapa udang kerap pula menempati area yang memiliki rongga seperti balok kayu, pilar dermaga, bebatuan, lubang di pinggir sungai, dan tumpukan rumpun tanaman. Ingat udang hidup secara bergerombolan sehingga apabila Anda sudah menemukan sustu spot yang ada udangnya jangan pernah berpindah ke lokasi yang lain.

2. Perhatikan Kondisi Air

Udang adalah binatang air yang lebih menyukai tinggal di lingkungan yang bersih dan jernih. Ketika kondisi air berubah menjadi kotor, mereka cenderung langsung akan berpindah tempat ke lokasi yang lain. Jika Anda melihat sungai yang baru saja banjir tiba-tiba surut kembali, maka itulah waktu yang paling tepat untuk memburu udang lobster. Sebaliknya apabila arus air di sungai tersebut berubah, dianjurkan untuk mencari lokasi lain yang lebih produktif.

3. Pemberat Ringan dan Tali kecil

Untuk dapat menangkap udang air tawar, kita cukup menggunakan rangkaian pancing berupa ultra light tackle (piranti kelas ringan). Pakai tali kenur yang kecil, monofilament 4-10 lbs, dan sifatnya agak lentur sehingga ketika umpan dimakan lobster, kita bisa langsung merasakannya. Gunakan juga timah pemberat yang bobotnya kurang dari 30 gram. Sedangkan untuk jorannya, pilih joran yang berjenis teleskopik, tegek, atau patahan dengan panjang minimal 1,2 meter. Selanjutnya pasang reel yang berukuran 500-1000, baik yang jenisnya spinning maupun multiplier.

4. Pasang Umpan yang Menggoda

Umpan yang paling jitu untuk memancing udang air tawar ialah cacing kebun. Perhatikan karakteristik cacing ini berbeda dengan cacing tanah biasa karena warnanya lebih merah mengkilat dan mempunyai lendir. Lobster air tawar juga sangat menyukai umpan berupa kepiting yang baru berganti cangkang, di mana yang diambil adalah bagian dagingnya saja. Opsi lainnya, Anda pun dapat mengandalkan umpan yang praktis seperti ebi alias udang kering.



reff : http://tipsikan.blogspot.com/2016/04/teknik-mancing-udang-lobster-air-tawar.html


Related video : Teknik Mancing Udang Lobster Air Tawar


Previous
Next Post »