Syarat-syarat Budidaya Mina Padi

Apakah syarat-syarat budidaya mina padi? Mina padi adalah suatu teknik budidaya yang menggabungkan antara menanam padi dan memelihara ikan di suatu lahan yang sama. Teknik ini dinilai mampu memaksimalkan penggunaan area sawah dengan baik. Di satu sisi kita bisa mendapatkan hasil dari tanaman padi tersebut dan di sisi lain ikan yang hidup di perairannya pun bisa dipanen.

Akan tetapi, tidak semua area persawahan bisa menerapkan sistem pertanian dengan teknik mina padi. Diperlukan persyaratan tertentu yang harus dipenuhi mencakup lokasi, debit air, dan luas lahan. Menerapkan sistem mina padi di lahan yang tidak sesuai justru akan mengakibatkan kegagalan panen.

syarat-budidaya-mina-padi.jpg

Di bawah ini syarat-syarat mina padi yang utama, antara lain :

Ketinggian Daerah

Sistem mina padi sebaiknya diterapkan pada sawah yang terletak di ketinggian kurang dari 1000 m di atas permukaan laut. Selain untuk menjaga ketersediaan debit air, lokasi ini juga berpengaruh besar terhadap cuaca dan temperatur udara di sawah. Faktanya, tidak terlalu banyak ikan yang bisa dibudidayakan di lingkungan yang dingin.

Ketersediaan Air

Selama masa pemeliharaan ikan, air harus senantiasa menggenangi sawah. Idealnya, debit air yang normal untuk kolam pemeliharaan ikan berkisar antara 1-2 liter/detik. Kapasitas air yang terlalu rendah di bawah kisaran tersebut akan menyebabkan ikan-ikan tidak bisa tumbuh dengan baik dan mewabahnya bibit penyakit.

Luas Lahan

Agar hasilnya cocok dengan biaya yang telah dikeluarkan selama memelihara padi dan ikan, perhatikan pula luas area persawahan yang ada. Ada baiknya sawah yang akan mengadopsi sistem mina padi memiliki luas kurang lebih 500-1000 m2. Prinsipnya adalah lebih luas akan lebih baik selama ada tenaga yang mengelolanya. Jika luas sawah kurang dari 500 m2, maka hasilnya tidak akan sanggup menutupi biaya, waktu, dan tenaga yang telah dikeluarkan.

Lokasi Sawah

Tidak semua sawah di suatu area persawahan bisa memperoleh irigasi air dengan lancar. Ada sawah yang hanya ketika musim hujan bisa mendapatkan air, tetapi saat musim kemarau akan kekurangan air. Lokasi sawah yang demikian ini sebaiknya dihindari karena di samping tidak bisa dipakai untuk membesarkan ikan, tanaman padi yang tumbuh di dalamnya pun kurang maksimal.

Kontur Tanah

Usahakan kontur tanah pada area yang akan dibuat mina padi memiliki topografi yang landai supaya mempermudah dalam mengatur saluran irigasi. Pastikan pula sawah tidak mudah kebanjiran sehingga menyebabkan airnya sering meluap. Kontrol terhadap air ini sangat penting dilakukan karena berpengaruh besar terhadap tingkat pertumbuhan padi dan ikan yang hidup di dalamnya.



reff : http://tipsikan.blogspot.com/2016/07/syarat-syarat-budidaya-mina-padi.html


Related video : Syarat-syarat Budidaya Mina Padi


Previous
Next Post »