Ini Dia Cara Memelihara Ikan Belida di Aquarium

Bagaimana cara memelihara ikan belida di aquarium? Ikan belida (Notopetrus chitala) adalah ikan air tawar yang termasuk dalam keluarga Notopteridae dan biasanya dipelihara untuk keperluan hobi maupun konsumsi. Ikan ini biasanya hidup di sungai dan rawa-rawa, serta banyak ditemukan di perairan Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Di luar negeri, ikan belida sering disebut sebagai knife fish lantaran bentuk fisiknya yang unik mirip sekali dengan pisau.

Di Indonesia, ikan belida tersebar di beberapa daerah seperti Sumatra, Jawa, dan Kalimantan. Sebagai hewan nokturnal, ikan belida tergolong ke dalam ikan predator yang umumnya memangsa katak, ikan kecil, dan udang. Ada tiga jenis ikan belida yang banyak dipelihara oleh para penghobi antara lain clown knife fish, royal clown knife fish, dan platinum clown knife fish.

memelihara-ikan-belida.jpg

Ingin memelihara ikan belida di aquarium? Berikut ini panduan dan tips selengkapnya!

Persiapan Aquarium

Ukuran aquarium yang akan digunakan untuk merawat ikan belida harus cukup besar. Hal ini dikarenakan ikan belida merupakan ikan yang aktif bergerak. Paling tidak Anda bisa memakai tangki yang memiliki dimensi 100 x 60 x 45 cm. Aquarium tersebut kemudian diisi dengan air hingga memenuhi 3/4 dari total volume-nya serta dilengkapi dengan sistem aerator dan filtrasi. Jaga supaya suhu air bertahan di kisaran 25-30 derajat celcius.

Penambahan Ornamen

Buat suasana lingkungan di dalam aquarium mirip seperti habitat alami ikan belida. Anda bisa menambahkan sejumlah tanaman air dan beberapa batang kayu sebagai tempat persembunyian ikan. Berikan juga alas berupa pasir dan bebatuan sehingga kondisi di dalam aquarium terasa seperti di sungai.

Pemberian Makanan

Sebagai binatang karnivora, ikan belida hanya mau memakan pakan yang berjenis daging-dagingan. Anda bisa memberikan ikan yang berukuran kecil sebagai makanan ikan belida sehari-hari seperti anakan ikan mas, ikan mujair, tetapi hindari memberikannya anakan ikan lele sebab memiliki patil yang sangat tajam. Selain itu, Anda juga boleh memberikan makanan seperti potongan udang, jangkrik, kelabang, dan katak.

Pencampuran Ikan

Kendati ikan belida adalah ikan yang ganas, ikan ini bisa dipelihara di dalam satu tangki bersama ikan lainnya. Asalkan ikan tersebut mempunyai postur tubuh yang lebih besar daripada ikan belida dan peringainya juga mirip. Sebagai contoh Anda bisa memelihara ikan belida dan ikan arwana super red di dalam sebuah aquarium. Tetapi jangan pernah mencampurkan ikan belida bersama dengan ikan yang memiliki sifat jinak sebab ikan belida tidak segan-segan menggigit sirip ikan tersebut meskipun ukurannya jauh lebih besar.

Penyembuhan Penyakit

Penyakit yang paling sering menyerang ikan belida ialah penyakit white spot. Penyakit ini biasanya muncul sebagai akibat dari kondisi aquarium yang kotor dan kualitas sumber air yang tidak terkontrol. Anda bisa mencegah munculnya wabah white spot dengan memakai air yang bermutu bagus seperti air ledeng serta memasang perlengkapan sinar ultraviolet. Akan tetapi bila ikan belida kesayangan Anda sudah terkena penyakit ini, penyembuhannya dapat dilakukan dengan menuangkan methlyn biru dengan dosis sesuai anjuran.



reff : http://tipsikan.blogspot.com/2016/05/ini-dia-cara-memelihara-ikan-belida-di.html


Related video : Ini Dia Cara Memelihara Ikan Belida di Aquarium


Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
chintia lim
AUTHOR
September 18, 2019 at 5:11 AM delete

Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www,SmsQQ,com

Keunggulan dari smsqq adalah
*Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
*Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
*Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
*Bonus Setiap Hari Dibagikan
*Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
*Bonus referral 10% + 10%
*Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
*Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
BBM: 2AD05265
WA: +855968010699
Skype: smsqqcom@gmail.com

Reply
avatar