Cara Membuat Aquascape Air Terjun

Apakah Anda mempunyai aquascape di rumah? Bosan dengan tampiannya yang terlihat monoton? Kenapa tidak membuat air terjun di dalamnya saja? Dengan cara ini, aquascape kepunyaan Anda menjadi tampak lebih hidup. Cuma pertanyaannya adalah bagaimana sih cara membuat aquascape air terjun?

Aquascape adalah suatu hobi yang dilakukan dengan menghias akuarium secantik mungkin. Suasana yang sering diangkat di dalam aquascape berupa panorama alam dan keindahannya. Ada banyak sekali ide yang dapat diusung untuk membuat aquascape seperti perbukitan, lembah, taman, dan lain-lain. Satu lagi tema aquascape yang kini sedang populer di Indonesia yaitu air terjun.

cara-membuat-aquascape-air-terjun.jpg

Berikut ini panduan membuat aquascape air terjun untuk pemula :

Alat dan Bahan :

  • Pipa paralon yang memiliki diameter 2 inci atau disesuaikan dengan ketinggian air terjun yang ingin dibuat.
  • Sambungan paralon yang digunakan untuk bagian belokan air terjun.
  • Penutup paralon yang berfungsi sebagai alat penutup paralon dan menjadi tempat jatuhnya pasir.
  • Pembangkit gelembung udara berupa aerator double output. Kedua output pada aerator ini selanjutnya dapat disambung hingga membentuk huruf T atau Y.
  • Selang untuk aerator
  • Obeng atau bor tangan untuk melubangi paralon.

Langkah-langkah cara pembuatan :

  1. Buatlah rongga yang terdapat di bagian ujung paralon. Adapun fungsi rongga ini adalah sebagai tempat masuknya pasir. Gunakan obeng atau bor listrik untuk membentuk rongga tersebut.
  2. Buat juga rongga yang berukuran sama seperti selang di bagian tengah sambungan paralon. Anda pun dapat menggunakan obeng yang dipanaskan untuk membuat rongga ini. Untuk alat yang lebih praktis, coba pakailah solder listrik.
  3. Langkah selanjutnya yaitu memasukkan selang lewat lubang di atas, kemudian tariklah hingga ke bagian ujung paralon. Jangan lupa untuk menyimpan aerator di ujung selang tersebut lalu letakkan di bagian ujung bawah paralon.
  4. Periksa hasil kerja Anda sejenak untuk memastikan kalau ujung aerator sudah sejajar dengan dasar paralon.
  5. Kini masukkan paralon ke dalam air dengan posisi bagian ujung selang aeratornya berada di sebelah bawah. Setelah itu, lakukan pengecekan dengan menyalakan aerator tersebut. jika air berhasil menyembur dari ujung paralon artinya pemasangan yang Anda lakukan telah sukses.
  6. Tahap berikutnya, Anda tinggal meletakkan bagian ujung bawah paralon ke dasar pasir yang lembut. Anda bisa mengganti aerator double output dengan pompa udara (air pump) untuk mendapatkan air terjun yang mempunyai aliran lebih deras.

Silakan tinggalkan komentar di bawah apabila Anda mempunyai pertanyaan terkait dengan panduan di atas. Terima kasih.



reff : http://tipsikan.blogspot.com/2016/10/cara-membuat-aquascape-air-terjun.html


Related video : Cara Membuat Aquascape Air Terjun


Previous
Next Post »