Catat! Klasifikasi dan Morfologi Ikan Kakap Merah

Apakah klasifikasi dan morfologi ikan kakap merah? Ikan kakap merah (Lutjanus campechanus) adalah ikan air asin yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Ini merupakan ikan khas Kepulauan Riau dan banyak dibudidayakan oleh masyarakat setempat untuk keperluan konsumsi. Habitat yang ideal bagi pertumbuhan ikan kakap merah berupa lingkungan perairan dengan kondisi dasar yang berbatu dan ditumbuhi terumbu karang.

ikan-kakap-merah.jpg

Ikan kakap merah mempunyai badan yang lebar dan memanjang. Kepalanya berbentuk gepeng agak cembung serta sirip punggung yang beruas. Pada bagian bawah penutup insangnya terdapat semacam gerigi yang kasar. Ikan ini memiliki gigi-gigi yang tersusun di dalam rahang dengan gigi taring yang berada di rahang atas bagian terluar.

Ikan kakap merah termasuk binatang karnivora. Ikan ini memangsa ikan-ikan kecil dan invertebrata yang hidup di dasar laut. Ukuran tubuh kakap merah bisa mencapai panjang hingga 45-50 cm.

Dinamakan ikan kakap merah karena ikan kakap ini memiliki sisik berwarna kemerah-merahan. Sedangkan di bagian tengah tubuhnya berkelir putih kemerahan. Lalu pada bagian punggung di atas garis rusuk juga terdapat garis kuning kemerahan.

Tempat tinggal ikan kakap merah terletak di perairan asin yang beriklim tropis dan subtropis. Ikan ini umumnya hidup di lingkungan yang berkarang sampai pasang surut di muara. Beberapa spesies kakap bahkan cenderung lebih menyukai berada di perairan tawar.

Dalam hidupnya, ikan kakap merah selalu membentuk gerombolan yang cukup besar. Ikan dewasa biasanya tinggal di dasar perairan yang dalam lebih dari 40-50 meter. Di perairan ini, lingkungannya mempunyai sedikit karang, salinitas 30-33 ppt, dan suhu 5-32 °C.

Berikut ini klasifikasi ilmiah dari ikan kakap merah antara lain :

Kerajaan : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Actinopterygii
Ordo : Perciformes
Famili : Lutjanidae
Genus : Lutjanus
Spesies : Lutjanus campechanus



reff : http://tipsikan.blogspot.com/2015/12/catat-klasifikasi-dan-morfologi-ikan.html


Related video : Catat! Klasifikasi dan Morfologi Ikan Kakap Merah


Previous
Next Post »