Cara Memberi Makan Ikan Laut yang Baik

Bagaimana cara memberi makan ikan laut yang baik? Ikan laut yang dipelihara di akuarium merupakan makhluk hidup yang membutuhkan makanan. Sehingga sudah sepatutnya bila ikan-ikan ini diberi makan dengan baik dan benar. Agar kebutuhan nutrisinya tetap terjaga, makanan-makanan yang hendak diberikan kepada ikan laut ini harus diperhatikan kualitasnya.

Jangan sampai terkecoh. Hampir semua ikan hias memiliki nafsu makan yang tinggi sehingga mereka akan sering terlihat lapar. Akan tetapi jika kita terlalu banyak memberinya pakan sampai melebihi kebutuhan gizi hariannya, ikan-ikan ini justru akan mengalami overdosis yang dapat membahayakan kondisi kesehatannya. Pemberian pakan yang terlalu berlebihan juga bisa berdampak pada tercemarnya air akibat sisa-sisa pakan dan kotoran ikan.

makanan-ikan-laut.jpg

Aturan Dasar

Pemberian makanan kepada ikan hias paling baik dilakukan secara bertahap. Berikan pakan tersebut sedikit demi sedikit hingga ikan cukup kenyang, jangan langsung sekaligus banyak. Kebanyakan ikan lebih menyukai makanan yang mengambang di permukaan air. Apalagi jika akuarium dilengkapi dengan terumbu karang, secara praktis makanan yang tenggelam akan tersangkut di antara koral sehingga sulit diambil oleh ikan.

Idealnya jumlah pakan per sekali pemberian harus habis dalam waktu sekitar 3-5 menit. Jika melebihi waktu tersebut, maka telah terjadi overfeed alias kelebihan pakan. Akibatnya aroma makanan akan hilang sehingga mengurangi daya tariknya bagi ikan dan lambat laun pakan tersebut bakal tenggelam akibat menyerap air. Sebaiknya ikan-ikan laut yang Anda pelihara cukup diberi pakan setiap dua kali per hari.

Pakan untuk Ikan Laut

Setiap jenis ikan laut mempunyai makanan pokok yang berbeda-beda. Hal ini wajib disesuaikan dengan karakteristik ikan tersebut apakah termasuk herbivora, karnivora, atau omnivora. Khusus ikan yang tergolong dalam jenis botana seperti tangs dan surgeon fish, ikan-ikan ini bersifat vegetarian. Jadi makanan yang paling cocok untuknya berasal dari microalgae. Misalnya rumput asam serta anggur laut hijau dan merah. Anda juga bisa memberinya makanan berupa sayur-sayuran segar. Sesekali berikan ikan-ikan ini dengan pelet supaya cepat beradaptasi.

Lain lagi dengan makanan yang bagus untuk ikan-ikan yang termasuk dalam spesies kima seperti tridacna clams, serta spesies-spesies ikan laut yang membutuhkan filter feeder. Anda bisa menggunakan udang rebon, baik dalam kondisi hidup maupun beku, sebagai makanan pokoknya. Kalau perlu berikan juga plankton cair sebagai makanan tambahan untuk mencukupi kebutuhan gizi pada ikan tersebut. Untuk alasan kepraktisan, sebaiknya ikan-ikan ini juga dilatih agar mau mengonsumsi pelet.



reff : http://tipsikan.blogspot.com/2016/10/cara-memberi-makan-ikan-laut-yang-baik.html


Related video : Cara Memberi Makan Ikan Laut yang Baik


Previous
Next Post »