Bedakan Ikan Louhan Jantan dan Betina dengan Cara Simple Ini!

Bagaimana cara membedakan ikan louhan jantan dan betina? Amphilophus trimaculatus atau ikan louhan merupakan ikan air tawar yang termasuk dalam famili Cichlidae di dalam ordo Perciformes. Ikan ini banyak dipelihara di akuarium karena mempunyai warna sisik yang unik dan benjolan di kepalanya yang sangat khas.

Sesuai dengan kondisi habitat aslinya di Malaysia dan Taiwan, ikan louhan dapat tumbuh dengan baik ketika dipelihara di perairan yang memiliki tingkat keasaman 7,4-8 dan suhu air sekitar 30-32 derajat celcius. Ingat, jangan memasukkan ikan ini secara bersama-sama di dalam satu tangki sebab perangainya mirip seperti ikan cupang yang tidak bisa akur satu sama lain.

perbedaan-ikan-louhan.jpg

Tidak terlalu sulit kok untuk bisa mengetahui jenis kelamin seekor ikan louhan. Di bawa ini caranya!

1. Membandingkan Karakter Fisik

Secara garis besar, ukuran tubuh ikan louhan jantan lebih besar daripada si betina pada usia yang sama. Benjolan kepala yang dimiliki oleh pejantan juga jauh lebih panjang dan lebih lebar ketimbang benjolan yang terdapat di kepala ikan louhan betina. Sedangkan ikan louhan betina juga mempunyai semacam vent yang agak menonjol di bagian perutnya. Khusus untuk ikan louhan hasil keturunan dari Cichlasoma trimaculatum, betinanya memiliki bintik hitam di bagian sirip punggungnya.

2. Mengamati Organ Kelamin

Apabila Anda mengalami kesulitan dalam membedakan jenis kelamin ikan louhan melalui karakter fisiknya, Anda bisa melakukan venting. Venting adalah pengamatan terhadap organ kelamin yang dimiliki oleh seekor ikan louhan. Ikan louhan jantan ditandai dengan adanya alat kelamin berbentuk benjolan yang keluar, sedangkan alat kelamin ikan lohan betina berwujud cekungan. Jika alat kelamin tersebut ditekan secara perlahan, ikan jantan akan mengeluarkan cairan berwarna keputih-putihan dan ikan betina akan mengeluarkan cairan berwarna kekuning-kuningan.

3. Memperhatikan Tingkah Laku

Jika diperhatikan dengan seksama, tingkah laku ikan louhan jantan dan betina juga berbeda lho. Ikan louhan jantan terlihat sangat aktif dengan gerakan yang lincah sekali. Sedangkan ikan louhan betina justru lebih kalem serta lemah gemulai.



reff : http://tipsikan.blogspot.com/2016/05/bedakan-ikan-louhan-jantan-dan-betina.html


Related video : Bedakan Ikan Louhan Jantan dan Betina dengan Cara Simple Ini!


Previous
Next Post »