Cara Budidaya Ikan Sepat yang Paling Mudah

Bagaimana cara membudidayakan ikan sepat? Ikan sepat adalah ikan air tawar yang tergolong di dalam marga Trichogaster dan anggota suku gurame-guramean (Osphronemidae). Ikan ini biasanya dimanfaatkan untuk keperluan konsumsi, kendati tidak sedikit pula yang juga sering dijadikan sebagai ikan hias. Beberapa jenis ikan sepat yang cukup populer di antaranya ikan sepat rawa, ikan sepat siam, dan ikan sepat mutiara.

Ikan sepat tersebar mulai dari Indonesia hingga ke Malaysia dan Thailand. Ikan ini akan tumbuh dengan optimal jika berada di air yang ber-pH sekitar 6,5 sampai 7. Temperatur air yang disukainya berkisar antara 26-28 derajat celsius. Ikan sepat memiliki warna biru muda bercampur violet terang dan kehitam-hitaman, serta mampu tumbuh hingga mencapai panjang maksimal 20 cm.

budidaya-ikan-sepat.jpg

1. Media Pemeliharaan

Pembudidayaan sepasang ikan sepat indukan dapat dilakukan memakai media pemeliharaan berupa akuarium atau kolam. Ukuran media yang dipakai setidaknya mampu menampung air sebanyak 60 liter. Parameter air yang perlu diperhatikan ialah suhu 24-28 derajat celsius serta pH 6-7. Pilihlah ikan sepat indukan yang telah berusia dewasa sekitar 7 bulan dan sudah matang gamet.

2. Pemilihan Indukan

Cara membedakan jenis kelamin ikan sepat tidak begitu sulit kok. Ikan sepat jantan berbentuk lancip memanjang dan mempunyai sirip punggung yang panjang hingga mencapai dasar pangkal sirip ekor. Sedangkan ciri-ciri ikan sepat betina yaitu berbentuk membulat dan pendek dengan dasar pangkal sirip ekor yang rendah. Khusus untuk ikan sepat yang akan dijadikan sebagai ikan hias, pilih indukan yang mempunyai warna cerah.

3. Pemijahan Ikan

Akuarium yang akan dijadikan tempat pemijahan perlu dilengkapi dengan tanaman air sebagai tempat untuk meletakkan telur. Prosesnya dimulai dari ikan sepat jantan yang akan sarang busa/gelembung air sebagai tempat memijah dan menyimpan telur. Setelah telur dikeluarkan oleh ikan betina dan dibuahi dengan sempurna, ikan jantan akan merawat telur tersebut. Mengingat kedua indukan ikan sepat sangat setia dalam merawat anak-anaknya, pemisahan indukan tersebut hanya boleh dilakukan setelah larva ikan berumur seminggu dan sudah bisa berenang.

4. Perawatan Larva

Telur ikan akan menetas lalu berubah menjadi larwa sepat selama kurang lebih 24 jam. Seminggu kemudian, burayak sepat akan mulai aktif berenang, sehingga indukannya harus segera dikeluarkan dari tempat tersebut agat tidak menyerang anak-anaknya. Makanan ikan sepat anakan yang bagus seperti udang renik, cacing sutera, dan pelet khusus.

5. Pembesaran Burayak

Pemeliharaan burayak ikan sepat pada dasarnya tidak terlalu sulit. Sama seperti ikan gurame, ikan ini mudah beradaptasi dengan lingkungannya. Perangainya yang jinak juga memungkinkan ikan sepat dipelihara dalam sebuah wadah yang besar secara bersama-sama. Untuk menekan biaya pakan, Anda bisa membuatnya sendiri dengan metode yang pernah kami ajarkan di sini.

Semoga berhasil!



reff : http://tipsikan.blogspot.com/2016/05/cara-budidaya-ikan-sepat-yang-paling.html


Related video : Cara Budidaya Ikan Sepat yang Paling Mudah


Previous
Next Post »

4 comments

Write comments
UCHIHA SASUKE
AUTHOR
September 22, 2018 at 11:51 AM delete


mari bergabung dan bermain di ion QQ-com , ada bonus rolingan 0,3 % dan referal hingga 20 % menanti anda
pin bb : 58ab14f5

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
September 22, 2018 at 2:21 PM delete

ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo gabung di FANSPOKER
ditunggu apa lagi mari segera bergabung dengan kami ya ^^

Reply
avatar
cindy armaya
AUTHOR
June 24, 2019 at 3:14 PM delete

Numpang ya bossku ^^

HANYA DI KENARI POKER BANYAK BONUSNYA BOSSKU
Bonus Welcome Untuk New Member:
- Bagi deposit Rp.10,000 - Rp.14,999 Bonus Rp.5.000
- Bagi deposit Rp.15,000 - Rp.24,999 Bonus Rp.10.000
- Bagi deposit Rp.25,000 - Rp.49,999 Bonus Rp.15.000
- Bagi deposit Rp.50,000 - Rp.99,999 Bonus Rp.20.000
- Bagi deposit Rp.100,000 ke atas Bonus Rp.25.000
- Bonus next deposit 5% untuk deposit Rp.50.000
REAL PLAYER VS PLAYER !!!

Syarat Klaim bonus yaitu menghubungi CS kami di
WHATSAPP : +855966139323
BBM : KENARI00
LIVE CHAT : KENARIPOKER . COM
ALTERNATIVE LINK : KENARIPOKER . COM

AGEN POKER DAN DOMINO TERPERCAYA
CARA MENANG DI KENARIPOKER
AGEN JUDI ONLINE BERKUALITAS
AGEN POKER SANGAT AMAN TERPERCAYA
AGEN SICBO BERKUALITAS TERJAMIN AMAN
BANDAR CEME TERPERCAYA TERBAIK
KENARI POKER
AGEN DOMINO TERAMAN DAN TERPERCAYA
BANDAR CAPSA YANG PALING AMAN

Reply
avatar
ngopiobatku
AUTHOR
August 16, 2023 at 9:55 PM delete

Informasi yang sangat bermanfaat, Silahkan baca artikel terbaru di blog saya yang membahas seputar ikan sepat Juara Tani
Tentang pengenalan ikan sepat, klasifikasi dan morfologi ikan sepat serta anatomi dan morfologinya,,,berikut ini artikel nya : teks yang diberi link
Dalam menacing ikan yang jelas seorang pemancing akan membutuhkan upan jitu untuk mendapatkan ikan sasaran seperti yang di inginkan, beberpa di antaranya umpan yang biasa di gunakan untuk manciang adalah cacing tanah, jangkrik, katak dll, Berikut ini beberapa artikel yang membahas seputar umpan mancing ikan : Umpan Ikan Lele
Umpan Ikan Puyau



Reply
avatar