Tips Pemberian Makanan Terumbu Karang di Akuarium

Apakah makanan yang bagus untuk terumbu karang di akuarium? Para penghobi ikan hias level master biasanya tidak akan puas kalau hanya memelihara ikan saja. Mereka menginginkan sesuatu yang lebih agar akuarium miliknya terlihat semakin indah. Salah satunya yakni menghadirkan terumbu karang asli di dalam akuarium tersebut.

Memang benar, merawat terumbu karang jauh lebih sulit dibandingkan dengan memelihara ikan. Walaupun pada dasarnya terumbu karang tidak terlalu banyak bergerak dan tidak membutuhkan makanan yang banyak, tetapi Anda membutuhkan teknik tersendiri supaya koral-koral tadi tetap dapat bertahan hidup. Khususnya dalam faktor pemberian makanan, selain Anda harus memikirkan macam-macam pakan untuk terumbu karang, Anda pun wajib mengetahui trik dalam memberikannya.

Sebagian besar terumbu karang hias akan memakan pakan ikan yang terjatuh ke dasar akuarium. Namun beberapa spesies koral perlu ditangani dengan cara yang berbeda dalam hal pemberian pakan. Di antaranya anemone, cerianthus, elephant ear, polip matahari, karang melati, karang daging, dan kolang-kaling. Koral-koral ini harus diberikan makanan secara direct feeding alias memasukkan pakan ke mulut koral langsung. Koral yang berada di akuarium berarus deras atau ditemani dengan ikan yang rakus juga harus diberikan pakan secara direct feeding.

tips-makanan-terumbu-karang.jpg

Walaupun terumbu-terumbu karang ini sudah mempunyai zooxanthellae, tetapi Anda juga tetap harus memberinya pakan tambahan supaya mereka bisa tumbuh dengan baik. Pemberian makanan pada terumbu karang dilakukan dengan intensitas 1-2 kali/minggu. Makanan yang dapat dipakai umumnya berupa potongan-potongan udang dan kerang kupas. Waktu pemberian pakan yang paling baik pada saat malam hari ketika sebagian besar ikan sudah merasa tenang dan kenyang.

Alat Penjepit

Untuk menyuapkan makanan ke dalam mulut terumbu karang, Anda bisa menggunakan alat semacam penjepit. Misalnya ketika Anda ingin memberikan pakan berupa udang segar. Potonglah udang tersebut menjadi beberapa potongan yang berukuran kecil. Kemudian jepit potongan udang ini menggunakan alat tadi, lalu arahkan langsung ke mulut koral. Nah dengan metode ini, semua terumbu karang yang ada di akuarium pun akan terpenuhi kebutuhan gizinya.

Alat Suntik

Anda juga bisa mengandalkan alat suntik yang sudah dilepas bagian jarumnya sebagai alat untuk memberikan makanan ke terumbu karang secara langsung. Alat ini cocok sekali digunakan manakala Anda ingin memberikan pakan berupa udang rebon. Anda cukup memasukkan udang rebon ke dalam silinder alat suntik. Setelah itu, arahkan ujung alat suntik tepat ke dalam mulut koral. Dijamin deh, koral tersebut akan lebih mudah dalam memangsa pakan yang diberikan khusus untuknya.

Alat Jaring

Anda juga bisa memberi makanan kepada terumbu karang pada waktu siang hari. Tentu saja harus dengan sedikit trik khusus agar pakan untuk koral tadi tidak direbut oleh ikan. Caranya yaitu tutupi koral menggunakan jaring yang berukuran kecil saat ia hampir menelan makanannya. Suapi semua terumbu karang ini satu per satu dan pastikan makanannya sudah tertelan. Meskipun kedengarannya melelahkan, justru waktu memberikan makanan kepada koral inilah saat yang paling tepat bagi Anda untuk menikmati pemandangan unik dari koral-koral tersebut.



reff : http://tipsikan.blogspot.com/2016/10/tips-pemberian-makanan-terumbu-karang.html


Related video : Tips Pemberian Makanan Terumbu Karang di Akuarium


Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
Unknown
AUTHOR
September 22, 2018 at 2:21 PM delete

ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
ayo segera bergabung dengan kami di fanspoker''com
add pin bb 55F97BD0 ditunggu ya

Reply
avatar