Makanan Ikan Louhan biar Merah, Jenong, dan Cepat Besar

Apa sajakah makanan-makanan yang bagus untuk ikan louhan? Daya tarik utama dari ikan louhan adalah warna tubuhnya kemerah-merahan, adanya corak berbentuk mutiara, dan terdapat jenong pada bagian dahinya. Salah satu upaya untuk menyempurnakan keunikan dari ikan ini dapat dilakukan melalui pemberian pakan yang tepat.

Namun banyaknya produk pakan ikan louhan yang kini beredar di pasaran justru sering mengakibatkan kebingungan. Belum lagi tidak sedikit para produsen yang meracik pakan dengan manfaat yang berbeda-beda. Ada pakan yang berfungsi untuk mempercepat pertumbuhan, meningkatkan pigmen warna merah, merangsang terbentuknya pola mutiara, atau pun memperbesar ukuran jenong. Bahkan ada pula produk pakan yang mempunyai 2-3 manfaat sekaligus dalam setiap kemasannya.

makanan-ikan-louhan.jpg

Sebagai penghobi ikan yang cerdas, sebaiknya kita menyesuaikan pakan yang digunakan dengan kebutuhan. Pada dasarnya, dalam satu hari, ikan louhan membutuhkan lemak 3-6%, serat 2-4%, protein 45-70%, dan air 6-10%. Mengingat serat merupakan bahan yang sulit dicerna, maka semakin rendah kandungan serat pada suatu makanan akan semakin baik bagi si flowerhorn ini.

Makanan alami yang cukup efektif untuk mencerahkan warna merah pada tubuh louhan berupa udang-udangan serta bahan alami lain yang mengandung pigmen warna. Begitu pula dengan makanan ikan buatan pabrik, usahakan produk tersebut mengandung udang atau hati sapi. Sedangkan untuk mempercepat pertambahan ukuran louhan bisa dilakukan dengan memberinya pakan yang mengandung protein 45% dan lemak 11%. Lain lagi jikalau ingin ikan louhan kesayangan Anda memiliki kepala yang elastis, disarankan memberinya makanan yang banyak menyimpan protein, vitamin, dan kalsium.

Jadi komposisi makanan yang bagus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ikan louhan terdiri atas protein 45-70%, serat 2-4%, lemak 3-6%, serta vitamin dan mineral. Boleh-boleh saja memberikan pakan yang mengandung bahan pemicu warna atau pembesar ukuran jenong louhan, tetapi wajib dipastikan terlebih dahulu kalau pakan terebut memang benar aman dikonsumsi. Sebaiknya hindari lah pemberian makanan yang memiliki hormon perangsang sebab jika takarannya tidak tepat justru akan mengakibatkan pertumbuhan ikan menjadi terhambat.



reff : http://tipsikan.blogspot.com/2016/05/makanan-ikan-louhan-biar-merah-jenong.html


Related video : Makanan Ikan Louhan biar Merah, Jenong, dan Cepat Besar


Previous
Next Post »