Cara Membuat Aquarium Sederhana dengan Mudah

Bagaimana cara membuat aquarium yang sederhana? Bagi para pencinta ikan hias sudah tentu membutuhkan aquarium sebagai tempat hidup bagi ikan-ikan yang dipeliharanya. Hanya harga sebuah aquarium di pasaran tergolong cukup mahal. Padahal jika Anda mau membuatnya sendiri, selisih biaya pembuatan aquarium dengan harga beli aquarium yang baru cukup besar.

Secara prinsip, pembuatan aquarium tidak terlalu susah kok. Kita hanya perlu menempelkan lembaran-lembaran kaca membentuk balok menggunakan lem silikon. Tetapi proses ini membutuhkan tingkat ketelitian yang tinggi. Khususnya untuk memastikan bahwa setiap sambungan kaca sudah dilapisi lem dengan kuat dan rata.

cara-membuat-aquarium.jpg

Anda penasaran ingin membuat aquarium sendiri? Ikutilah petunjuk lengkap dari kami berikut ini!

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • Kaca dengan ketebalan minimal 5 mm; disarankan memakai kaca setebal 8 mm
  • Lem kaca yang umumnya terbuat dari bahan silikon

Alat-alat yang digunakan :

  • Alat pemotong kaca
  • Spidol
  • Penggaris
  • Batu gerinda nonmesin
  • Lakban cokelat
  • Air bersih

Langkah-langkah cara pembuatan :

  1. Buatlah pola di atas permukaan kaca menggunakan spidol dan penggaris. Ingat bahwa setiap aquarium membutuhkan 5 potongan kaca yang terdiri dari 1 sisi alas dan 4 sisi samping.
  2. Potong kaca memakai alat pemotong kaca sesuai dengan garis pola yang telah terbentuk. Disarankan untuk melakukan pekerjaan di lantai yang rata.
  3. Haluskan bagian pinggiran potongan-potongan kaca menggunakan batu gerinda yang telah dilepaskan dari mesinnya. Hal ini dimaksudkan agar permukaan kaca tersebut tidak terlalu tajam sehingga tidak melukai telapak tangan Anda.
  4. Agar serpihan kaca yang ditimbulkan dari proses gerinda tidak tersebar ke mana-mana dan menimbulkan bahaya kesehatan, Anda harus sesering mungkin mencelupkan batu gerinda ke dalam air selama berlangsungnya proses penghalusan pinggiran kaca.
  5. Satukan potongan-potongan kaca sesuai dengan polanya sehingga membentuk aquarium yang utuh. Anda bisa memakai lakban cokelat yang ditempelkan dari sisi luar untuk memegangi potongan-potongan kaca ini sementara waktu.
  6. Aplikasikan lem kaca dari sisi bagian dalam aquarium. Usahakan lapisan lem tersebut menempel dengan serekat dan serapi mungkin agar tidak menyisakan celah di antara potongan-potongan kaca tadi. Celah sedikit saja dapat menimbulkan kebocoran yang akan semakin melebar seiring dengan waktu.
  7. Setelah semua potongan kaca tersambung dengan benar menggunakan lem, Anda perlu mendiamkannya selama seharian penuh agar lem tersebut benar-benar mengering.
  8. Keesokan harinya Anda bisa mengecek kualitas aquarium hasil pekerjaan Anda. Masukkan air sedikit demi sedikit sembari diperiksa apakah ada salah satu titik sambungan yang bocor. Jika ada, Anda bisa mengeringkannya terlebih dahulu kemudian menambal kebocoran tersebut menggunakan lem kaca yang dioleskan dari sisi bagian dalam aquarium.
  9. Lakukan proses pengecekan sampai didapatkan hasil bahwa aquarium telah layak pakai. Jika perlu, Anda bisa mengisi aquarium dengan air dan membiarkannya selama seminggu. Aquarium siap dipakai untuk memelihara ikan apabila volume air di dalamnya tetap utuh.


reff : http://tipsikan.blogspot.com/2016/10/cara-membuat-aquarium-sederhana-dengan.html


Related video : Cara Membuat Aquarium Sederhana dengan Mudah


Previous
Next Post »

2 comments

Write comments