Cara Membuat Metal Jig dari Sendok

Bagaimana cara membuat metal jig dari sendok? Metal jig adalah salah satu umpan buatan yang sering digunakan untuk memancing ikan-ikan predator. Kabar baiknya, umpan tiruan ini mudah sekali dibuat hanya bermodalkan sendok stainless steel. Bahkan sebuah sendok tersebut bisa Anda jadikan sebagai dua umpan metal jig dan satu spoon lure.

Perlu diketahui, metal jig merupakan umpan yang berguna untuk memancing ikan supaya memakan mata kail. Sedangkan spoon lure ialah umpan yang berguna untuk menarik perhatian ikan agar mendekati umpan yang sesungguhnya. Bentuk spoon lure yang memiliki permukaan cekung mampu memantulkan cahaya dengan gerakan acak sehingga efektif memikat ikan-ikan di sekitarnya untuk datang mendekat.

cara-membuat-metal-jig.jpg

Simak panduan pembuatan metal jig sebagai berikut!

Alat dan Bahan :

  • 1 sendok stainless steel
  • 2 ring baja/stainless steel
  • Kili-kili atau kancing
  • Mata kail biasa/mata kail garong yang treble hook
  • Gerinda/ampelas

Langkah-langkah :

  1. Potong sendok menjadi tiga bagian yaitu bagian kepala sendok, bagian tengah sendok, dan bagian pangkal sendok. Nantinya bagian kepala sendok bisa dijadikan spoon lure. Sedangkan bagian tengah dan pangkal sendok dapat dibuat menjadi metal jig.
  2. Haluskan bekas potongan-potongan sendok agar permukaannya rata menggunakan gerinda atau ampelas.
  3. Buat lubang seukuran ring pada masing-masing ujung potongan sendok. Lubang ini berguna sebagai tempat untuk mengikatkan ring ke potongan sendok.
  4. Masukkan ring tepat ke setiap lubang yang ada di sendok. Berikutnya salah satu ring tersebut bisa dipakai untuk tempat memasang mata kail. Opsi lainnya adalah memasukkan kancing/klip yang sudah tersambung dengan kili-kili di salah satu lubang tersebut.
  5. Saatnya melakukan finishing pada metal jig supaya kelihatan seperti umpan sungguhan. Anda bisa mengecat umpan tersebut memakai warna tertentu yang dapat menarik perhatian ikan serta memasang bulu-bulu di sekelilingnya.

Semoga bermanfaat!



reff : http://tipsikan.blogspot.com/2016/08/cara-membuat-metal-jig-dari-sendok.html


Related video : Cara Membuat Metal Jig dari Sendok


Previous
Next Post »