Cara Mancing Ikan Nila yang Benar

Bagaimana cara mancing ikan nila yang benar? Ikan nila (Oreochromis niloticus) adalah ikan air tawar yang sering dibudidayakan karena memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi. Ikan ini termasuk binatang omnivora yang biasa memakan plankton, ikan kecil, dan tanaman air. Sifatnya yang rakus membuat pertumbuhan ikan nila terbilang cepat.

Tidak sedikit para pemancing ikan air tawar yang menyukai nila dan memburunya. Selain karena tergoda akan kelezatan dagingnya, sensasi tarikan yang ditimbulkan oleh perlawanan ikan ini juga lumayan seru. Umpan mancing yang biasa dipakai untuk menangkap ikan nila contohnya lumut, cacing, rebon, jangkrik, kecoak batu, orong-orong, dan sebagainya. Sedangkan untuk memancing ikan nila di tambak, Anda harus menggunakan umpan pelet sebab karakteristik ikan ini terbiasa memakan pelet.

mancing-ikan-nila.jpg

Ingin mendapatkan ikan nila? Berikut ini kiat-kiat yang bisa Anda terapkan!

  1. Penggunaan Peralatan yang Memadai

Paling pas memancing ikan nila menggunakan joran tegek yang berukuran antara 360-450 cm. Lengkapi joran tadi dengan tali kenur yang berdiameter 0,5 mm dengan kekuatan minimal 40 lbs. Ukuran kail yang dipakai sebaiknya nomor 3, 4, atau 5. Pasang pula pelampung di dekat kail sehingga Anda bisa lebih mudah mendeteksi kalau umpan sudah dimakan ikan nila.

  1. Pemilihan Spot yang Tepat

Ikan nila liar biasanya tinggal di perairan yang banyak mengandung lumpur. Anda bisa menemukan lingkungan semacam ini di sawah, sungai, atau danau. Waktu pemancingan yang ideal antara lain 7-8 pagi, 10-13 siang, 15-18 sore, 20-22 malam, dan 2-4 dini hari.

  1. Lemparkan Bom Umpan

Bom umpan berguna untuk menarik perhatian ikan-ikan supaya berkumpul di satu titik. Jenis bom umpan yang paling cocok untuk ikan nila yaitu bekatul dan beras ketan. Agar aromanya menyengat tajam dan gampang dideteksi ikan, ada baiknya tambahkan esens buatan atau terasi udang ke dalamnya. Bom umpan ini dilemparkan sebanyak 3-5 bulatan terlebih dahulu, kemudian secara bertahap taburkan 1 bulatan untuk menjaga ikan tetap berkumpul di spot tersebut.

Demikian, semoga bermanfaat.



reff : http://tipsikan.blogspot.com/2016/06/cara-mancing-ikan-nila-yang-benar.html


Related video : Cara Mancing Ikan Nila yang Benar


Previous
Next Post »