Cara Memasang Umpan Ikan Hidup

Bagaimana cara memasang umpan ikan hidup yang benar? Tanpa Anda sadari, teknik pemasangan umpan berpengaruh besar terhadap kesuksesan Anda dalam memancing ikan. Memasang umpan dengan ikatan yang tepat akan meningkatkan daya tarik umpan tersebut agar dimakan oleh ikan predator. Sebaliknya jika Anda salah dalam mengerjakannya, bukan tidak mungkin ikan-ikan bakalan kehilangan selera makannya.

Trik tentang pemasangan umpan mancing sangat penting diketahui, khususnya pada saat Anda ingin menggunakan umpan hidup. Umpan harus dipasang dengan posisi yang tepat supaya kondisinya masih tetap hidup selama berada di dalam air. Pada umumnya, potensi strike yang dimiliki oleh umpan hidup ini lebih besar jika dibandingkan dengan umpan mati. Jadi percuma saja ketika Anda menggunakan umpan hidup, tetapi dalam waktu singkat umpan tersebut langsung mati.

memasang-umpan-ikan-hidup.jpg

Penggunaan umpan berupa ikan hidup umumnya dipilih saat kita ingin memancing di laut. Pertimbangan utamanya ialah laut menyimpan ikan-ikan predator yang berukuran besar dan sangat gemar memangsa ikan-ikan kecil yang ditemuinya. Namun memancing di sungai dan danau juga bisa memakai umpan ini apabila Anda menargetkan hasil tangkapan yang besar.

Pemasangan umpan ikan hidup sebaiknya disesuaikan dengan area sepot yang dibidik. Pemasangan umpan untuk memancing di permukaan berbeda tekniknya dengan memancing di dasar atau sepot yang berarus deras. Biar Anda semakin lihai dalam memancing, ayo pelajari tips-tips pemasangan umpan ikan hidup berikut ini!

Cara I : Pemasangan Umpan untuk Memancing di Permukaan

Anda bisa mengaplikasikan teknik koncer dalam memasang umpan untuk memancing di permukaan air. Caranya adalah mata kail dipasang pada bagian mulut, belakang kepala, atau bagian sebelum ekor. Tujuannya adalah supaya umpan tadi bisa tetap berenang di permukaan. Teknik ini biasanya menargetkan ikan-ikan yang senang berada di muka air seperti ikan tenggiri dan ikan layaran.

Cara II : Pemasangan Umpan untuk Memancing di Dasaran

Pada prinsipnya, teknik ini bertujuan untuk memaksa ikan yang menjadi umpan agar senantiasa berenang di dasar air. Sehingga potensi untuk memperoleh ikan-ikan predator yang senang tinggal di dasar air pun akan semakin besar. Adapun triknya yaitu mata kail harus dipasang pada bagian tubuh ikan sebelah bawah sebelum ekornya. Beberapa ikan yang bisa didapatkan dengan teknik ini yaitu tongkol, tuna, kakap, serta salmon.

Cara III : Pemasangan Umpan untuk Memancing di Sepot Berarus Deras

Umpan yang dipakai untuk memancing di area yang mempunyai arus kencang harus dilengkapi dengan bahan pemberat agar posisinya tetap stabil. Sedangkan ikan hidup yang akan dijadikan sebagai umpan mancing wajib dipasangi dengan mata kail pada bagian belakang kepala ikan atau bagian hidung sebelum matanya. Teknik pemasangan ini memungkinkan ikan tetap bisa berenang dengan cukup baik.



reff : http://tipsikan.blogspot.com/2016/08/cara-memasang-umpan-ikan-hidup.html


Related video : Cara Memasang Umpan Ikan Hidup


Previous
Next Post »