Cara Mancing Ikan Belanak dengan Botol Plastik

Memang bisa ya mancing ikan belanak dengan botol plastik? Jawabannya bisa banget! Bahkan ternyata teknik memancing yang unik ini sudah ramai sekali diterapkan oleh masyarakat di Kepulauan Riau dan sekitarnya. Penasaran bagaimanakah cara melakukannya?

ikan-belanak-botol-plastik.jpg

Pada dasarnya, proses pemancingan ikan belanak memakai botol plastik dilakukan dengan menjadikan botol tersebut sebagai perangkap. Sebelumnya botol plastik ini dibentuk sedemikian rupa agar ikan-ikan belanak mudah masuk ke dalamnya, tetapi sulit untuk bisa keluar lagi. Jangan lupa taruh juga umpan untuk menarik perhatian ikan belanak yang kita incar.

Jadi ketika ikan belanak melihat umpan yang terdapat di dalam botol tadi, ikan tersebut akan memasuki botol dan memangsanya. Namun karena lebar botol yang sempit ia tidak bisa membalikkan badan untuk kabur. Pun kita tahu bahwa tidak ada ikan belanak yang bisa berenang mundur. Nah, tugas kita tinggal mengangkat botol yang sudah kemasukan ikan belanak tersebut. Mudah sekali kan?

Berikut panduan membuat perangkap dari botol plastik untuk memancing ikan belanak.

Alat dan Bahan :

  • Botol plastik bekas air mineral atau larutan penyegar
  • Cutter
  • Senar tali pancing
  • Potongan karet bekas sandal
  • Pemberat dari timah atau besi
  • Tepung terigu sebagai umpan
  • Joran (opsional)

Cara Membuat :

  1. Potong seluruh bagian belakang/bawah botol plastik. Bagian ini nantinya akan menjadi lubang masuk perangkap. Disarankan menggunakan botol larutan penyegar karena memiliki tubuh yang ramping dan memanjang.
  2. Buatlah empat titik lubang di bagian ujung bawah botol. Lalu pasang senar tali pancing ke dalam lubang tersebut dan hubungkan. Adapun fungsi dari tali ini untuk mempermudah kita dalam menarik dan mengangkat perangkap botol.
  3. Pasang pelampung dari potongan karet bekas sandal di salah satu sisi samping botol. Usahakan panjang tali pelampung disesuaikan dengan kedalaman botol yang diinginkan. Kemudian pasang juga pemberat di sisi samping yang berlawanan. Dengan dilengkapi pelampung dan pemberat ini maka posisi perangkap botol akan lebih mantap.
  4. Buat lubang-lubang saluran air di beberapa samping botol plastik tersebut. Tujuannya untuk membuang air yang terjebak di dalamnya sehingga botol akan terasa lebih ringan saat diangkat. Anda tidak perlu membuat lubang yang memiliki ukuran diameter terlalu besar, cukup sekitar 1 cm.
  5. Sebagai umpan mancing ikan belanak, Anda bisa memanfaatkan tepung terigu tanpa campuran apapun. Umpan ini dimasukkan ke dalam botol sesaat ketika perangkap akan dirilis ke area pemacingan.

Langkah-langkah :

  1. Masukkan 1 sdm tepung terigu ke dalam botol perangkap, lalu tambahkan air sedikit saja. Aduk supaya adonan umpan ini tercampur rata dan tepung pun mengental. Tambahkan 1 sdm tepung terigu lagi.
  2. Letakkan perangkap ini di titik-titik area pemancingan yang sekiranya terdapat ikan belanak. Masukkan dengan hati-hati jangan sampai umpan di dalamnya terlalu banyak menyebar keluar.
  3. Pada saat joran yang terhubung ke botol terasa bergetar, tandanya ada ikan yang terjebak di dalamnya. Segera saja angkat perangkap tersebut dan ambil ikan belanak yang terjerat di dalamnya

Semoga bemanfaat!



reff : http://tipsikan.blogspot.com/2016/03/cara-mancing-ikan-belanak-dengan-botol.html


Related video : Cara Mancing Ikan Belanak dengan Botol Plastik


Previous
Next Post »