PERBENIHAN IKAN BERONANG(Siganus guttanus)


Ikan beronang, siganus guttanus merupakan salah satu jenis ikan laut yang banyak diminati oleh konsumen kiarena rasa dagingnya lezat. ikan ini dapat dibudidayakan baik di keramba jaring apung(KJA) maupun di tambak,mampu hidup berjejal,respon terhadap pakan buatanserta memiliki lajupertumbuhan yang relatif tinggi. Ketersediaan benih masih menjadikendala dalam pengembangan budidaya, oleh karena itu perlu usaha pembenihan.


Balai Riset Perikanan Budidaya Air Payautelah merintis perbenihan ikan beronang, Sigganus guttatus.

PENYEDIAAN INDUK
Indukberonang diperoleh dari alam dan diadaptasikan terlebih dahulu terhadappakan buatan selama 2(dua) bulan dalam lingkungan bak terkontrol agar dapat menghasilkan telur berkualitas. Transportasi induk dapat dilakukan baik dengan sistim tertutup maupun terbuka. Induk yang digunakan sebaiknya berukuran minimal 300g(induk jantan dan betina).

PEMATANGAN INDUK
Pematanganinduk dilakukan di bak terkontrol dengan kepadatan 30 ekor / 2,5tondengan rasio betina dan jantan adalah 2:1. Bak induk dilengkapiaerasi dengan pergantian air sekitar 150-200% perhari Pakan induk adalah pellet dengan kadar protein 46% sebanyak 3-5%/hari dari bobot tubuh,diberikan 3 kali sehari. Pakan tambahan berupa rumput laut segar diberikan 3 kali seminggu sebanyak 20-25%. Pemacuan kematangan gonad dapat dilakukan dengan implantasi pellet hormon LHRH-a sebanyak 10g/kg bobot ikan. Penentuan tingkat kematangan gonad (TKG) dapat dilakukan dengan cara kanulasi. Induk beronang dapat menghasilkan telur sekitar 245.000-500.000 butir tergantung ukuran bobot tubuh ikan dengan diameter telur berkisar 546-550 ?m dantingkat penetasan sekitar 80-95%.

PENYEDIAAN PAKAN ALAM
Pakan alami chlorella (Nannochloropsis occulata) dikultur dalam bak untuk kebutuhan pakan rotifera (Brachionus plicatilis), dan juga sebagai green-water dalam pemeliharaan larva beronang. Rotifer yang dikultur dalam bak selanjutnya dijadikan sebagai pakan larva beronang. Rotifer terdiri dari 3 ukuranyaitu tipe super small, small dan large. selainrotifera, juga diperlukan trochopor tiram sebagai pakan tambahan awal larva. untuk meningkatkan sintasan larva dari faseendogeneous ke fase exogeneous feeding. Larva (D1-6) belum mampu mengkonsumsirotifera tipe S (140-200m), sebab ukuran bukaan mulut larva adalah 125 m. Setelah benih berumur D-25 digunakan pakan alami berupa naupli artemia.

PEMELIHARAAN LARVA
Pemeliharaanlarvadapat dilakukan pada bakterkontrol volume 500 L, dengan kepadatan 10-20 ekor/L. Pemberian pakan pada larva dilakukan seperti tabel berikut:

Jenis pakan
Umur larva
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
15
20
25
30
40
Nannochloropsis


Trochopor










Rotifer


Naupli artemia













Pakan buatan














Pergantian air (%)









10-15
15-20
20-30
30-40


Kepadatanrotifer dipertahankan sekitar 20sel/mL,sedangkan naupli artemia 2-3 ind/ekor larva. Juvenil hasil perbenihansetelah berumur 115 hari memiliki bobot sekitar 50g dan panjang total 12 cm


Sumber: BALAI RISET PERIKANAN BUDIDAYA AIR PAYAU
http://www.kkp.go.id/index.php/


reff : http://penyuluhpi.blogspot.com/2015/06/perbenihan-ikan-beronangsiganus-guttanus.html


Related video : PERBENIHAN IKAN BERONANG(Siganus guttanus)


Previous
Next Post »